//Universitas Cendrawasih, Penerang di Indonesia Timur

Universitas Cendrawasih, Penerang di Indonesia Timur

Universitas, yang telah berdiri sejak tahun 1962 ini merupakan Universitas Negeri yang berlokasi di kota Jayapura. Universitas Cendrawasih namanya, seperti hal nya burung Cendrawasih yang menjadi lambang dan simbol keindahan di tanah Papua, Universitas ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam memajukan bangsa, terutama di wilayah Indonesia bagian timur.

Universitas ini memiliki 8 Fakultas, dan memiliki 2 kampus utama dan beberapa lainnya di luar kota bekerja sama dengan Institusi lain. Beberapa lulusan terkenal yang telah dilahirkan di Universitas cendrawasih ini seperti Jacobus Solossa yang merupakan mantan gubernur papua, dan Barnabas Suebu yang menjadi Gubernur Papua saat ini.

Pendidikan, memang menjadi hal yang sangat penting untuk tanah papua. Dengan pendidikan yang baik, maka kesejahteraanpun akan ikut meningkat. Papua yang kaya akan sumber daya alam, dan keindahannya bisa menjadi potensi yang luar biasa.

Menurut pemikiran penulis sendiri, pemerintah harus banyak memberikan dukungan dana lagi, bersinergi dari mulai pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi yang ada di Papua.

Dengan meningkatnya, kualitas pendidikan, maka masyarakat papua tidak banyak yang kuliah jauh-jauh ke luar pulau, seperti ke Sulawesi, ataupun ke Jawa. Karena kebanyakan yang telah sekolah ke luar pulau, mereka sedikit yang mau kembali ke tanah mereka untuk mengembangkan Indonesia Timur menjadi lebih baik lagi.

#sta

Image Source : Unicen.ac.id

loading...
Share this :
loading...