//UNHAS dan UNPAD Resmi Jadi PTN BH

UNHAS dan UNPAD Resmi Jadi PTN BH

Berturut pada tanggal 14/01 dan 16/01 kemarin, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir pada Peresmian Tata Kelola Universitas Padjadjaran dan Universitas Hasanudin sebagai Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTNBH) seperti terlansir dari dikti.go.id.

Setelah bertransformasi menjadi PTN BH secara penuh, Unpad dan Unhas memiliki otonomi yang lebih luas dalam hal pengelolaan penyelenggaraan lembaga, termasuk anggaran. Namun Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M. Nasir menekankan pada sambutannya agar dalam penyelenggaraan tridharma pendidikan tinggi, Unhas dan Unpad tidak melakukan komersialisasi pendidikan. PTN Badan Hukum juga diberi amanat untuk mampu mengelola sistem keuangan dengan lebih baik. Unpad harus mampu mengkreasikan pola keuangan yang tidak membebankan mahasiswa.

Selain itu ia juga mendorong kedua Universitas untuk meningkatkan jumlah publikasi penelitian, Dengan dorongan peningkatan jumlah publikasi diharapkan aktivitas riset tidak hanya selesai menjadi arsip perpustakaan. Saat ini, Kemenristekdikti tengah menggulirkan berbagai regulasi yang mendorong civitas akademika perguruan tinggi untuk menghasilkan publikasi ilmiah nasional maupun internasional.

Sementara itu, Rektor Unpad, Tri Hanggono Ahmad mengatakan, dengan transformasi Unpad sebagai PTN Badan Hukum, Unpad diharapkan dapat menjadi perguruan tinggi yang mandiri, unggul, dan maslahat. Hal penting yang dilakukan ialah melakukan penyesuaian tata kelola, organisasi, dan mewujudkan reformasi birokrasi.

“Dalam mewujudkan kekuatan akademik sebagai sumber daya kuat PTN Badan Hukum, Unpad sendiri sudah membangun berbagai pusat unggulan,” ujar Tri Hanggono.
Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad, Rudiantara, menyampaikan, selain berubah status, hal terpenting pada perubahan Unpad menjadi PTNBH ialah perubahan sikap dalam mengelola universitas yang harus disadari oleh seluruh jajaran pimpinan universitas.

Sebelumnya, selain Unpad dan Unhas, ada beberapa Universitas yang di telah di resmikan menjadi PTN BH (Perguruan Tinggi Negara Badan Hukum) : Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada,Institut Pertanian Bogor,Universitas Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Airlangga, Surabaya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2014, Universitas Diponegoro.

 

loading...
Share this :
loading...