//Studi : Handphone Mengganggu Konsentrasi Belajar Siswa

Studi : Handphone Mengganggu Konsentrasi Belajar Siswa

Belajar merupakan sebuah kegiatan yang membutuhkan konsentrasi yang baik. Namun saat ini, kegiatan belajar menghadapi tantangan yakni gangguan dari Smartphone yang hampir setiap siswa memilikinya. Sebagaimana sebuah Studi yang di lakukan oleh University of Nebraska-Lincoln.

Berdasarkan study tersebut, yang melibatkan sekitar 700 orang mahasiswa dari 26 negara bagian di Amerika menemukan bahwa rata-rata mahasiswa mengecek Hanphone-nya sekitar 20 menit selama kelas berlangsung, dan yang ia buka di smartphone tidak ada kaitannya sama sekali dengan apa yang sedang ia pelajari, dan ini tentu saja mengganggu dan mengalihkan konsentrasi dari para siswa untuk memepelajari materi yang sedang di jalankan di kelasnya.

Studi ini di jalankan untuk mengetahui bagaimana respon dan kebiasaan dari para pelajar milenials yang lahir di era Smartphone saat ini untuk memcarikan solusi dan cara terbaik bagi proses belajar mengajar yang sebaiknya di terapkan oleh sekolah dengan adanya fakta tersebut.

Selain studi ini juga telah banyak studi-studi lainnya yang bersangkutan dengan Hanphone, seperti pengaruhnya terhadap kesehatan, otak, anak kecil, dan lain sebagainya. Telah banyak studi-studi yang statusnya masih di perdebatkan, mengingat industi Samrtphone dan kebutuhan akan smartphone itu sendiri yang saat ini tidak bisa di bendung lagi.

Memang fenomena ini tidak bisa dibiarkan saja, namun kembali semua peraturan dan kebijakan ada di tangan setiap lembaga pendidikan, mengingat bukan hanya siswa yang konsentrasinya terganggu, dosen atau guru pun rasanya tidak jauh berbeda. (MSA)

Image Source : Danumurthi Mahendra | Flickr

loading...
Share this :
loading...