//Selamat Hari Maritim Nasional, Saatnya Manfaatkan Laut Kita

Selamat Hari Maritim Nasional, Saatnya Manfaatkan Laut Kita

Hari ini, 21 Agustus 2016 kita peringati sebagai hari bersejarah, hari yang mengukuhkan diri kita bahwa kita adalah negara kepulauan yang menguasai lautan. Ya, tepat 71 tahun yang lalu, 21 Agustus 1945 kita bisa mngusir penjajah dan menang bertempur di lautan dengan persenjataan yang bisa dibilang dibawah yang mereka miliki, tapi kita, kita menguasai lautan kita lebih daripada mereka !

Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita berkeliling nusantara, dan berdagang dengan dunia lain melalui laut, kita telah lama menguasai laut untuk kesejahteraan kita. Banyak suku-suku di Nusantara yang terkenal sebagi pelaut hebat mencerminkan kita punya potensi, hanya saja kita lupa karena silau dengan apa yang orang lain dan bangsa lain miliki.

Sudah saat kita selaku generasi muda untuk kembali peduli dan melihat potensi kelautan yang kita miliki. Beberapa tahun ini kita lihat kinerja dari pemerintah yang ingin membangkitkan kemaritiman dan itu harus kita dukung. Kita tidak boleh lupa kalau luas wilayah kita 2/3 nya adalah lautan. Jangan kita anggap lautan sebagai pemisah, anggap lautan yang bisa menyatukan kita menjadi sebuah bangsa yang kokoh berdiri di wilayah Nusantara.

Kita juga harus percaya jika laut bisa memberikan kehidupan bagi kita yang di darat. Laut bisa membuat kita lebih sejahtera. Jangan biarkan laut kita justru dinikmati oleh ASING. Kembali kelaut, kembali melaut Indonesiaku !

Jayalah Maritim Indonesia !

#MSA

 

Image Source : Donald Man | Flickr

loading...
Share this :
loading...