//Prospek Kerja Teknik Sipil

Prospek Kerja Teknik Sipil

Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup umat manusia.

Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputer mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar. ( Wikipedia )

Prospek kerja bagi lulusan teknik sipil sangat beragam, mulai dari perusahaan konsultan, kontraktor, migas, tambang dan manufaktur serta masih banyak lagi. Inilah beberapa prospek kerja Teknik Sipil :

1.Konsultan dan Kontraktor konstruksi bangunan

Pembangunan konstruksi yang semakin berkembang membutuhkan sumber daya manusia untuk menjalankannya baik perusahaan swasta ataupun BUMN senantiasa membutuhkan karyawan baru, oleh karena itu banyak lapangan kerja tersedia untuk lulusan teknik sipil sebagai Konsultan atau kontraktor konstruksi bangunan. Ada beberapa pilihan seperti menjadi drafter, struktural engineer, site engineer, estimator dan sebagainya.

2. Kementrian Pekerjaan Umum

Kementrian Pekerjaan Umum membutuhkan sumber daya yang cukup banyak dari para lulusan Teknik Sipil. Biasanya fresh graduate bisa langsung melamar CPNS untuk bagian teknik, seperti teknik pengairan,jalan dan jembatan,tata bangunan dan perumahan,penata ruang dan pembina konstruksi.

3. Pertambangan

Perusahaan tambang juga menjadi sasaran lulusan teknik sipil, yang paling banyak adalah tambang batu bara. Pada umunya lulusan Teknik Sipil mempunyai kemampuan untuk bekerja di pertambangan, namun melamar di perusahaan tambang juga tidak mudah, harus mengikuti serangkaian tes penerimaan karyawan yang cukup ketat.

4. Manufaktur

Manufaktur adalah suatu cabang industri yang mengaplikasikan mesin, peralatan dan tenaga kerja dan suatu medium proses untuk mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi untuk dijual. Peran lulusan teknik sipil pada industri manufaktur lebih kepada pekerjaan pendukung, bukan pekerjaan pokok. Misalnya sebagai pengawas atau building maintenance.

 

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Teknik Sipil | Flickr

loading...
Share this :
loading...