//7 Prospek Kerja Terbaik Untuk Lulusan Teknik Geomatika !

7 Prospek Kerja Terbaik Untuk Lulusan Teknik Geomatika !

Teknik Geomatika, apa itu ? Ya, bahasa nya sedikit terdengar asing dan masih sangat sedikit orang yang tahu tentang jurusan yang satu ini.

Teknik Geomatika merupakan program studi keteknikan yang di khususnya memperdalam bidang Geomatika, lalu apa itu Geomatika ?

Geomatika merupakan kajian keilmuan dan rekayasa yang mengacu kepada pendekatan terpadu dari kegiatan mengukur, menganalisis, mengelola, menyimpan dan menyajikan deskripsi dan lokasi dari data berbasis muka bumi (georeferenced) atau yang sering disebut sebagai data spasial.

Intinya program studi ini mempelajari mengenai bagaimana melakukai survey dan pemetaan daerah yang di lakukan untuk menghasilkan data yang bisa di pakai untuk berbagai kepentingan, seperti pemerintah maupun swasta.

Semasa perkuliahan sendiri, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Survey Rekayasa, Survey Rute, Survey Pertambangan, Pemetaan Digital, Pemetaan Tematik, Pemetaan kadastral dan Survey Hidografi serta mata kuliah lainnya. Untuk program studi ini, di Indonesia sendiri ada beberapa Universitas yang menyelenggarakan dengan waktu kuliah 3 tahun (D3).

Lalu, apa saja prospek kerja dari program studi Teknik Geomatika ? Berikut beberapa prospek kerja Teknik Geomatika :

1. Instansi Pemerintahan

Banyak sekali Instansi-instansi pemerintahan yang membutuhkan kemampuan dari para lulusan ahli Teknik Geomatika ini. Sebut saja berbagai kementrian terkait seperti : Kementrian Pekerjaan Umum, Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional(BKSPN), Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan instansi-instansi pemerintahan lainnya.

2. Lembaga Penelitian

Selain itu, kamu juga bisa bekerja di berbagai lembaga penelitian yang berhubungan dengan penelitian bumi dan kondisi alam. Beberapa lembaga penelitian seperti LIPI dan LAPAN ( Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ) serta lembaga penelitian lainnya.

3. Perusahaan Konstruksi 

Beberapa BUMN serta perusahaan konstruksi Swasta juga bisa menjadi pelabuhan kamu setelah lulus kuliah nanti. Apalagi saat ini pembangunan gencar dilakukan di berbagai daerah di tanah air dari mulai jalan, jembatan, dan gedung-gedung tinggi. Kamu bisa bekerja di bagian pemetaan lokasi pekerjaan konstruksi. Beberapa perusahaan Konstruksi Indonesia yang telah memiliki reputasi Internsional seperti WIKA dan Adhi Karya bisa menjadi pilihan karir kamu kedepannya.

4. Perusahaan Pertambangan

Selain perusahaan Konstruksi kamu juga bisa bekerja di berbagai perusahaan pertambangan. Beberapa perusahaan pertambangan seperti Krakatau Steel, PT Timah, Antam, dan lain sebagainya.

5. Perusahan Konsultan Pembangunan dan Konstruksi

Kamu juga bisa bekerja di perusahaan yang menawarkan jasa konsultasi mengenai konstruksi dan pembangunan. Klien dari perusahaan ini biasanya pemerintah maupun perusahaan konstruksi.

6. Perusahaan Minyak dan Gas

Perusahaan Minyak dan Gas sama halnya dengan perusahaan pertambangan membutuhakn ahli pemetaan di lokasi tempat produksi atau pertambangan minyak dan gas tersebut.

7. Pengajar

Kamu juga nantinya mempunyai kesempatan untuk meniti karir di bidang pendidikan dengan menjadi Dosen di berbagai Universitas yang menyelenggarakan pendidikan bidang Geomatika dan Geodesi.

Wah gimana ? kepingin masuk program studi inikah ?

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US