//Prospek Kerja Lulusan Teknik Elektro

Prospek Kerja Lulusan Teknik Elektro

Sesuai dengan namanya, Teknik Elektro pada intinya adalah program studi yang mempelajari tentang kelistrikan. Bisa kita rasakan, saat ini listrik telah menjadi komponen yang sangat penting bagi umat manusia, sudah seperti kebutuhan pokok.

Lihatlah, dirumah kita pasti ada instalasi listrik yang tentu saja cukup ribet, dan yang profesional untuk menangani penginstalasian seperti itu, terutama di gedung-gedung besar.

Selama masa perkuliahan, mahasiswa Teknik Elektro akan mempelajari beberpa Mata Kuliah seperti : Kalkulus, Rangkaian Listrik, Medan Elektromagnetik, Mesin Listrik, Teknik Instalasi, Pembangkit Energi Listrik, dan lain sebagainya.

Dan berikut beberapa prospek kerja dari Lulusan Teknik Elektro sesuai dengan kemampuan yang dimiliki semasa perkuliahan :

1. Perusahaan Kelistrikan / Pembangkit Listrik

Saat ini, di Indonesia semakin banyak perusahaan yang bergerak di bidang kelistrikan, ini tidak lepas dari banyaknya sumber daya energi yang ada dan yang dibutuhkan, karena konsumsi listrik perhari Indonesia semakin meningkat.

Banyak perusahaan yang bergerak di kelistrikan baik itu perusahaan swasta maupun BUMN. Di Perusahaan Pembangkit Listrik Contohnya, Lulusan Teknik Elektro bisa menjadi staff atau manjerial di bagian Operasional atau Engineering. Beberapa contoh perusahaan : Perusahaan Listrik Negara, Indonesia Power, Chevron, Pertamina Geothermal, dan lain sebagainya.

2. Perusahaan Telekomunikasi

Selanjutnya, seorang lulusan Teknik Elektro juga bisa melamar kerja di perusahaan-perusahaan komunikasi. Banyak sekali kebutuhan akan lulusan yang mengerti kelistrikan untuk bekerja di perusahaan Telekomunikasi. Apalagi saat ini, Telekomunikasi di Indonesia semakin berkembang dengan semakin besarnya investasi-investasi untuk perusahaan Telekomunikasi.

Contoh beberapa Perusahaan Telekomunikasi yang ada di Indonesia : Telkom Indonesia, XL Axiata, Indosat, Smartfren, ZTE.

3.  Pegawai Negeri Sipil

Tentu saja, setiap[ orang bisa berpeluang untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil, dan salah satunya adalah lulusan Teknik elektor, dan jika kamu ingin endaftar menjadi PNS, maka yang paling cocok adalah melamar di Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral.

4. Tenaga Pengajar / Dosen

Menjadi seorang tenaga seperti Dosen juga bisajadi sesuatu yang menjanjikan karena kebutuhan akan dosen ahli yang cukup banyak untuk program studi Teknik Elektro, namun tentu saja harus meningkatkan pendidikan minimal S2 jika ingin menjadi seorang dosen. Dan tentu saja tidak harus S2 jika ingin menjadi seorang guru di SMK misalnya.

5. Pengusaha / Entrepreneur

Ya, setiap orang bisa menjadi seorang entrepreneur, dibidang apapun, dan dari background apapun orang tersebut. Namun, untuk seorang lulusan teknik elektro, bisnis sendiri yang sesuai dengan apa yang dipelajari diperkuliahan bisa seperti mendirikan perusahaan Elektronik sendiri, Perusahaan Reparasi Alat-alat Elektronik, dan lain sebagainya.

Itulah bebererapa prospek kerja dari Lulusan Teknik Elektro sesuai dari apa yang dipelajari semasa perkuliahan. Semoga bisa bermanfaat 🙂 Goodluck !

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : www.istn.ac.id | web

loading...
Share this :
loading...