//Prospek Kerja Terbaik Lulusan Sastra Rusia

Prospek Kerja Terbaik Lulusan Sastra Rusia

Dari berbagai program studi Sastra, prodi Sastra Rusia ini termasuk yang masih sedikit. Namun bukan berarti lulusan dari sastra Rusia ini tidak memiliki prospek dan peluang kerja yang baik.

Rusia yang merupakan negara bekas Uni Soviet ini merupakan salah satu negara besar, dengan luas wilayah tercatat paling besar di dunia, dan secara ekonomi juga mempunyai pengaruh yang cukup sentral di dunia.

Selain itu, budaya, sejarah, dan teknologi Rusia juga cukup berpengaruh di dunia. Terutama dalam teknologi peralatan perangnya yang di gunakan oleh banyak negara di dunia. Negara Rusia yang merupakan negara Komunis juga menjadi salah satu pelajaran tersendiri bagi kamu yang masuk sastra rusi untuk mengerti negara tersebut.

Semasa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Pengantar Linguistik, Kesustraan Rusia, Sejarah Rusia, Bahasa Rusia, Morfolofi, Media dan Masyarakat Rusia, Politik dan Pemerintahan, Semantik Rusia, Dasar-dasar Filsafat, dan lain sebagainya.

Berikut langsung saja beberapa prospek kerja dari lulusan Sastra Rusia :

1. Instansi Pemerintahan

Setelah lulus, kamu bisa bekerja di berbagai Instansi pemerintahan yang sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki. Yang paling pas diantaranya seperti di Kementrian Luar Negri dan Kementrian Kebudayaan/Pariwisata.

Di Kementrian Luar Negeri, kamu bisa bekerja sebagai Diplomat, ataupun bekerja di Kedutaan Besar RI yang ada di Rusia. Atau, kamu bahkan bisa bekerja bersama BIN, TNI ataupun POLRI yang biasanya banyak menggunakan barang-barang berbahasa rusia dan membutuhkan penerjemaah.

2. Media

Kemampuan dan kecakapan kamu dalam berbahasa Rusia bisa menjadi sebuah jalan untuk kamu masuk ke berbagai perusahaan media, terutama media jurnalistik, baik media jurnalistik dalam negri maupun luar negri.

3. Tour Guide

Bidang Pariwisata yang saat ini sedang berkembang juga bisa menjadi pilihan kamu. Apalagi setiap tahunnya turis dari Rusia semakin banyak. Ini membuka peluang bagi kamu yang fasih berbahasa Rusia untuk menjadi Tour Guide bagi orang Rusia yang berlibur di tanah air.

4. Tenaga Pengajar

Banyak lulusan dari sastra Rusia yang menjadi akademisi dan mengajar sebagai Dosen, ataupun guru di berbagai tempat les bahasa Rusia.

5. Penerjemaah

Kamu bisa menjadi penerjemaah di acara-acara pertemuan antara para pebisnis rusia dan tanah air. Selain itu juga bisa bekerja menerjemaahkan buku-buku, novel dan tulisan-tulisan yang lainnya.

Image Source : Fr Maxim Massalitin

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US