//Prospek Kerja Manajemen Divisi Kamar

Prospek Kerja Manajemen Divisi Kamar

Manajemen Divisi Kamar merupakan program studi di jurusan Hospitality / Perhotelan. Program studi ini sangat spesifik sekali, sehingga lulusannya sudah pasti akan kerja dimana, ya di bidang perhotelan.

Dengan semakin menjamurnya hotel-hotel saat ini menandakan bahwa industri perhotelan di tanah air sedang berkembang dengan sangat pesat, terbukti walaupun semakin banyak hotel-hotel berdiri, tapi tamunya pun semakin banyak. Apalagi trend berwisata saat ini yang sedang naik-naiknya.

Mata kuliah dan selama masa perkuliahan di program studi ini tidak hanya teori saja tentunya, bahkan akan lebih banyak praktiknya. Ini juga karena program studi ini bersifat Dimploma 3 (D3). Semasa perkuliahan akan mempelajari bagaiman pelayanan yang baik, mengoperasikan sistem komputer reservasi hotel, membuat laporan keuangan, berbahasa asing, dan lain sebagainya.

Berikut prospek kerja dari lulusan program studi Manajemen Divisi Kamar :

1. Houskeeping Staff / Housekeeper

Houskeeping Staff ini akan bekerja di bawah Housekeeping Department di suatu hotel. Dimana tugas dari bagian Housekeeping ini adalah menjaga, memelihara merawat kebersihan dan keindahan segala hal yang ada di dalam diluar hotel, untuk memberikan kenyamanan kepada para tamu hotel. Pimpinan atau orang yang memimpin Housekeeping Departement ini di sebut Housekeeper.

Dalam Housekeeping Departement ini dibagi lagi ke dalam beberapa seksi yaitu Room Section, Houseman Section, Uniform Section, Maintenace dan Store Section.

2. Front Office Staff

Ketika kamu pergi ke sebuah hotel dan berniat untuk menginap disana, maka yang akan kamu jumpai saat melakukan check in adalah staff Front Office. Front Office Deparment merupakan bagian dari hotel yang bertugas untuk melakukan pelayanan penjualan kamar kepada tamu yang akan menginap.

Bagian Front Office ini menjadi cerminan dari sebuah hotel, karena merupakan bagian yang pertama kali memberikan kesan bagi para tamu. Ada beberapa seksi yang berada di bawah Front Office Department, diantaranya seperti Front Office Receptionist, Night Auditor, Front Office Shift Captain, dan Concierge.

Selain dua prospek kerja utama tersebut, tentu saja banyak pilihan kerja lain yang bisa diambil, namun itulah yang menjadi prospek kerja utama dari seorang lulusan Manajemen Divis Kamar.

Itulah prospek kerja bagi lulusan dari program studi Manajemen Divisi Kamar, semoga bermanfaat. Good Luck 🙂

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : www.lgnhospitality.com

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US