//Prospek Kerja Manajemen Bisnis Perjalanan

Prospek Kerja Manajemen Bisnis Perjalanan

Program Studi Manajemen Bisnis Perjalanan adalah program studi yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan bisnis-bisnis di bidang perjalanan. Selama masa perkuliahan, mahasiswa bisnis perjalanan ini akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti Bahasa Asing, Air Transportation, Air Cargo, Ticketing,Ground Handling Guiding, Pemasaran, dan lain sebagainya.

Untuk prospek kerja sendiri, mempunyai prospek yang cukup bagus, karena industri di bidang perjalanan saat ini sedang berkembang. Orang semakin mudah untuk melakukan perjalanan baik domestik maupun internasional, sehingga mobilitas barang dan jasa saat ini semangin cepat. Sehingga  perusahaan yang bergerak di bidang jasa perjalanan juga semakin di butuhkan.

Berikut gambaran dari beberapa prospek kerja lulusan Manajemen Bisnis Perjalanan :

1. Airlines

Airlines atau perusahaan penerbangan merupakan perusahaan yang sedang sangat berkembang saat ini, bagaimana tidak, jumlah masyarkat Indonesia yang sangat banyak di dorong dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat mendorong masyarakat untuk menggunakan jasa perjalanan melalui Airlines dengan bepergian kemana-mana menggunakan pesawat menjadi salah satu trend terbaru masyarakat kita.

Beberapa perusahaan Airlines yang ada di Indonesia seperti Garuda Airlines, Sriwijaya, Lion Air, Air Asia Indonesia, Citilink, dan lain sebagainya.

Ada beberapa bagian dari Airlines ini yang bisa di masuki oleh lulusan Manajemen Bisnis Perjalanan :

  • Ticketing Staff

Saat ini, walaupun sistem pemesanan tiket sudah banyak yang online, namun tetap saja m,asih dibutuhkan staf tiketing untuk mengurus penjualan tiket Airlines.

  • Customer Service

Lulusan dari Manajemen Bisnis Perjalanan juga bisa melamar untuk menjadi customer service di airlines, karena pengetahuan tentang airlines yang dipelajari semasa kuliah.

  • Marketing Staff

Adalah staff yang bertugas untuk melakukan segala macam bentuk pemasaran perusahaan.

  • Pramugara/pramugari

Tentu saja lulusan program studi ini bisa melamar menjadi pramugara/pramugari, dan tentu juga harus bersaing dengan banyak orang disana yang menginginkan profesi ini, karena seleksinya yang lumayan ketat.

  • Manajemen Trainee

Manajemen Trainee adalah posisi yang nantinya di proyeksikan untuk mengisi tingkatan manajemen perusahaan.

2. Perusahaan Kargo

Jika Airlines mengurus perjalanan manusia, maka Kargo ini mengurus perjalanan barang. Saat ini semakin banyak perusahaan kargo, malah tahun ke-tahun jumlahnya semakin banyak. Ini tidak lain dikarena kebutuhan jasa pengiriman barang yang semakin tinggi.

Masyarakat kita hampir semua pernah mengirim barang menggunakan perusahaan kargo, contoh beberapa perusahaan kargo di Indonesia seperti : DHL, JNE, POS, Tiki, Kargo Airlines, dan lain sebagainya.

Posisi yang bisa ditempati : Operasional, Customer Service, Pemasaran, Manajemen Trainee.

3. Perusahaan Ground Handling

Ground Handling atau Tata Operasi Darat merupakan perusahaan yang bergerak dalam pelaksanaan tata operasi bandara udara. Perusahaan ini yang menangani beberapa operasional penting pesawat/airlines seperti Check In, Loading-Unloading Kargo, Penanganan pesawat dll.

Posisi yang bisa ditempati bisa di bagian Loading Planer, Check In Handler.

4. Tour and Travel

Tour and Travel adalah perusahaan yang mengurus perjalanan wisatawan yang melakukan perjalanan wisata, termasuk dokumen-dokumennya. Saat ini biro perjalanan wisata malah semakin banyak, walaupun dari segi penjualan tiket tidak terlalu meningkat dengan semakin banyaknya pemebelian tiket online, namun dari segi penjualan paket wisata semakin meningkat, seiring dengan trend perjalanan wisata saat ini.

Beberapa posisi yang bisa ditempati seperti Tour Leader, Customer Service, Pemasaran.

Itulah beberapa gambaran umum dari prospek kerja lulusan program studi Manajemen Bisnis Perjalanan, semoga bermanfaat. Goodluck 🙂

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : garuda-indonesia.com

loading...
Share this :
loading...