//Prospek Kerja Manajemen Bisnis Konvensi dan Event

Prospek Kerja Manajemen Bisnis Konvensi dan Event

Halo teman-teman !

Yap, kali ini kita bakalan bahas tentang beberapa prospek kerja dari lulusan Program Studi Manajemen Bisnis Konvensi dan Event.

Sekarang semakin banyak kampus yang membuat program studi di bidang Event Management, hal ini tidak terlepas dari semakin menterengnya prospek kerja dari bidang Event ini, sehingga automatically semakin banyak pula kebutuhan akan sumber daya manusia yang kompeten dalam menghandle sebuah acara/event.

Program studi ini sangat erat sekali hubungannya dengan apa yang namanya MICE, apa yang akan kamu pelajari nanti adalah sebagian besar tentunya ditekankan mempelajari bidang MICE ini. Lalu apa MICE itu ?

Yap, sedikit menjelaskan mungkin bagi teman-teman yang masih bingung, MICE ini merupakan singkatan dari Meeting, Incentive, Confrence, dan Exhibition. Empat hal tersebut, merupakan event-event yang memerlukan orang untuk mensetting acara-acara tersebut secara profesional. Sehingga saat ini banyak instansi yang lebih memercayakan sebuah acara kepada profesional daripada menjalankannnya sendiri.

Contohnya, sebuah perusahaan akan melakukan sebuah rapat atau pertemuan besar, maka mereka menyewa event organizer untuk mengelola rapat mereka, sehingga tidak harus mengambil pusing lagi untuk mengurusnya. Begitupun dengan acara-acar seperti konferensi tingkat tingga, Pameran, dan lain sebagainya.

Setelah melihat beberapa gambaran tadi, inilah beberapa prospek kerja dari Lulusan Program Studi Manajemen Bisnis Konvensi dan Event :

1. Professional Convention Organizer (PCO)

Lulusan dari prodi Manajemen Bisnis Konvensi dan event bisa banget bekerja di sebuah perusahaan yang menhandle acara-acara besar, tentu saja akan menyenangkan dan membanggakan bisa menghandle acara-acara besar yang melibatkan tokoh-tokoh besar.

2. Professional Exhibition/Event Organizer (PEO)

PEO ini hampir sama dengan PCO, hanya bedanya acara-acara yang di handle lebih ke acara Pameran, dan event-event non formal seperti pagelaran atau konser.

3. Venue Manager

Kamu juga bisa bekerja di sebuah venue tempat penyelenggaraan sebuah perhelatan atau event. Di kota-kota besar semakin banyak venue untuk melaksanakan sebuah acara, dan venue-nya pun semakin beragam.

4. Event Consultan

Memang masih belum populer, namun profesi ini semakin beerkembang pula, Event Konsultan adalah seseorang yang memberikan jasa konsultasi untuk yang ingin mengadakan sebuah acara, agar acaranya lebih baik, efektif dan effisien.

5. Wirausaha

Wirausaha disini yang paling sesuai adalah mendirikan sendiri perusahaan event untuk menghandle sebuah acara, tentunya peluang sukses di bisnis ini semakin besar untuk masa yang akan datang setelah semakin banyaknya permintaan dari berbagai kalangan untuk jasa penyelaenggaraan acara, dari mulai acara kecil seperti nikahan, sampai acara besar seperti konferensi.

yap, itulah beberapa prospek kerja dari lulusan prodi Manajemen Bisnis Konvensi dan event, semoga bisa membantu teman teman semuanya 🙂 Goodluck !

Silahkan bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Source : ramelite.com | web

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US