//Prospek Kerja Lulusan Teknologi Industri Pertanian

Prospek Kerja Lulusan Teknologi Industri Pertanian

Program Studi Teknologi Industri Pertanian ini merupakan program studi baru, melihat kebutuhan dan prospek kerja yang ada di industri pertanian.

Program Studi ini mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan teknologi di industri pertanian. Saat ini, dalam industri pertanian terjadi perkembangan teknologi untuk mendapatkan hasil pertanian terbaik dan memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dunia pertanian.

Semasa perkuliahan kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah, seperti : Sosiologi Industri, Teknologi Pertanian, Teknologi Informasi, Manajemen Lingkungan, Bio Industri, Ekonomi Industri, Keselamatan Kerja, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja lulusan Teknologi Industri Pertanian :

1. Perusahaan Teknologi Agro Industri

Yap, yang pertama adalah berprospek untuk bekerja di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Agro Industri. Perusahaan-perusahaan Agroindustri di Indonesia sendiri banyak yang berskala besar dan ada beberapa perusahaan Multinasional di bidang teknologi inndustri pertanian.

2. Perusahaan Pangan

Lulusan Teknologi Industri Pertanian juga bisa bekerja di perusahaan produksi pangan, bisanya perusahaan ini menggunakan teknologi-teknologi terbaru untuk mengolah bahan mentah menjadi produksi pangan.

3. Perusahaan Manufaktur

Selain di industri pertanian dan pangan, lulusan teknologi industri pertanian juga bisa menempati beberapa posisi di perusahaan manufaktur, karena sama-sama berbasis perusahan teknologi pengolahan, sehingga tidak akan jauh berbeda dan mampu dikuasai oleh lulusan TIP.

4. Perusahaan Perkebunan

Banyak sekali perusahaan perkebunan di negara kita ini, terutama yang BUMN, dan tentu memiliki pabrik pengolahan hasil perkebunan tersebut. Maka, lulusan TIP pun bisa bekerja di perusahaan-perusahaan perkebunan.

5. Wirausahawan

Peluang untuk menjadi seorang wirausahawan juga selalu ada, apalagi di sektor industri pertanian dimana kebutuhan akan hasil pertanian yang terus meningkat dari tahun ke tahunnya. Tentu, menjadi pengusaha di sektor ini merupakan jenis usaha yang paling tepat dan mengusasai beberapa hal tentang industri pertanian.

6. Pegawai Negeri

Setiap orang tentu mempunyai hak untuk mendaftar menjadi seorang pegawai negeri sipil, apalagi lulusan Teknologi Industri Pertanian yang mempunyai kapabilitas untuk bekerja, bisa melamar menjadi PNS ke beberapa instansi pemerintah seperti Kementrian Pertanian, Dinas Pertanian Daerah,Balai Penelitian Pertanian, dan lainnya.

7. Tenaga Pengajar 

Menjadi tenaga pengajar di Industri pertanian juga akan sangat membantu memajukan industri pertanian, apapagi sekarang banyak SMK yang berfokus di bidang pertanian. Atau juga bisa melanjutkan S2 dan menjadi tenaga Dosen di Universitas.

Itulah beberapa prospek kerja dari lulusan Teknologi Industri Pertanian sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Semoga bisa bermanfaat 🙂 Goodluck !

Keep Calm and Stay Curious.

Silahkan bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Source : zet11 | Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US