//Prospek Kerja Lulusan Teknologi Hasil Perikanan

Prospek Kerja Lulusan Teknologi Hasil Perikanan

Perikanan merupakan salah satu sektor yang akan di kembangkan oleh pemerintah. Bagi kamu yang ingin masuk dan berminat di perikanan, program studi Teknologi Hasil Perikanan bisa menjadi salah satu pilihan. Berikut, kita akan membahas mengenai prospek kerja lulusan Teknologi Perikanan.

Secara umum, program studi Teknologi Hasil Perikanan ini mempelajari segala seluk beluk yang berhubungan teknologi-teknologi yang digunakan dalam proses pengolahan sumberdaya perikanan. Lalu semasa perkuliahan kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Ilmu Perikanan, Tataniaga Hasil Perikanan, Manajemen Pakan Ikan, Pembangunan Perikanan, Ekonomi Perikanan, Avertebrata Air, Fisiologi Hewan Air, dan lain sebagainya.

Berikut langsung saja kita bahas beberapa prospek kerja dari lulusan Teknologi hasil perikanan :

1. Industri Perikanan / Perusahaan Swasta ataupun BUMN

Lulusan Teknologi perikanan bisa bekerja di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang perikanan. Beberapa perusahaan terebut sepeeti perusahaan Pengolahan Perikanan, Peternakan Ikan, ataupun perusahaan Pakan Ikan.

Di perusahaan-perusahan tersebut, lulusan Teknologi Hasil perikanan bisa bekerja di berbagai bagian seperti misalanya Quality Control, Engineering, Operasional hingga Manajemen Perusahan itu sendiri.

2. Instansi Pemerintahan

Untuk yang selanjutnya, lulusan Teknologi Hasil Perikanan juga bisa mendaftar untuk menjadi seorang pegawai di salah satu Instansi Pemerintahan / PNS. Beberapa Instansi Pemerintahan yang cocok untuk lulusan Teknologi hasil perikanan ialah Kementrian Kelautan dan Perikanan, Dinas Perikanan, Dinas Peternakan, dan Balai-balai penelitian Perikanan.

3. Tenaga Pengajar

Dengan semakin meningkatnya sekolah-sekolah perikanan, ini juga memicu meningkatnya kebutuhan tenaga pengajar yang berkompeten di bidangnya untuk membimbing dan menjadi guru di SMK perikanan. Selain itu, kesempatan untuk menjadi Dosen bagi lulusan Teknologi Hasil Perikanan juga terbuka lebar.

4. Wisausahawan

Dan yang terakhir tentunya lulusan dari Teknologi Hasil Perikanan ini juga mempunyai kesempatan untuk menjadi pengusaha yang sukses terutama di bidang Perikanan. Apalagi saat ini hampir di semua kurikurum di seluruh Universitas di Indonesia, mata kuliah kewirausahaan menjadi salah satu Mata Kuliah yang wajib. Sehingga, kamu juga bisa mengembangkan bisnis kamu sendiri dan tentunya juga kamu bisa membuka lapangan kerja bagi banyak orang.

Image Source : Maarit Lundbäck | Flickr

loading...
Share this :
loading...