//Prospek Kerja Lulusan Teknik Pertambangan

Prospek Kerja Lulusan Teknik Pertambangan

Program Studi Teknik Pertambangan adalah program studi yang mempelajari mengenai proses-proses penambangan mineral-mineral berharga serta batubara. Prospek kerja lulusan teknik pertambangan ini begitu terfokus dan jelas yakni di bidang pertambangan, namun bidang pertambangan ini memiliki banyak sekali pilihan perusahaan yang menjanjikan.

Dan pada masa perkuliahan di program studi Teknik Pertambangan ini, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah penting seperti : Sistem Penambangan, Mekanika Teknik, Peralatan Tambang dan Penanganan Material, Termodinamika Tambang, Kristal dan Mineral, Teknik Eksplorasi dan lain sebagainya.

Berikut langsung saja kita bahas mengenai beberapa prospek kerja dari lulusan Teknik Pertambangan :

1. Perusahaan Swasta/BUMN di bidang Pertambangan

Ketika lulus sarjana teknik pertambangan sudah disiapkan dengan pilihan perusahaan-perusahaan mana yang akan dia pilih di bidang pertambangan. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali perusahaan pertambangan, baik yang dimiliki oleh swasta ataupun perusahaan BUMN.

Perusahaan tambang sendiri terdiri dari berbagai jenis sesuai dengan material apa yang dikerjakan, seperti : Perusahaan Tambang Emas (Aneka Tambang, Freeport, Newmont dll), Perusahaan tambang Batu Bara (Bukit Asam, Kaltim Prima, Adaro, Arutmin dll), Perusahaan tambang Nikel, Perusahaan Tambang Timah, Pasir Besi dan Mineral-mineral berguna lainnya.

2. Perusahaan Industri lainnya

Bukan hanya di perusahaan pertambangan saja, lulusan dari Teknik Pertambangan juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan penggalian sumber daya lainnya seperti : Perusahaan Minyak dan Gas, Perusahaan Alat Berat, Semen dan Pembangkit listrik.

3. Lembaga Penelitian

Riset sebenarnya merupakan salah satu keahlian juga dari lulusan Sarjana Teknik Pertambangan, sehingga kamu juga bisa bekerja di lembaga-lembaga penelitian, baik dalam maupun luar negeri. Lembaga penelitian seperti LIPI juga bisa menjadi tujuan kedepan untuk kamu yang ingin menjadi peneliti.

4. Tenaga Pengajar

Menjadi seorang tenaga pengajar seperti Dosen contohnya bisa menjadi pilihan kamu jika passion kamu adalah mengajar. kamu bisa menjadi dosen di berbagai Universitas yang membutuhkan.

5. Instansi Pemerintahan

Bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil juga bisa menjadi pilihan kamu. Instansi pemerintahan yang sesuai untuk kamu contohnya seperti Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM).

Image Source : el-toro

loading...
Share this :
loading...