//Prospek Kerja lulusan Teknik Pengairan

Prospek Kerja lulusan Teknik Pengairan

Program Studi Teknik Pengairan adalah program studi yang berada di bawah Fakultas Teknik. Pengairan itu harus di lakukan dan di tata sebaik mungkin, sehingga lulusan Teknik Pengairan inilah yang nantinya akan menjadi ahli-ahli di bidang pengairan. Apa sih yang berhubungan dengan pengairan ? Banyak banget, apalagi potensi negara kita yang kaya akan sumber daya alami berupa air. So, jangan ragu dengan prospek kerja lulusan Teknik Pengairan.

Untuk di Indonesia sendiri, saat ini masih sangat sedikit Kampus yang menyelenggarakan program studi Teknik Pengairan ini. Memang cukup ironis, namun ini tentu juga jadi peluang buat kamu karena tidak akan terlalu banyak saingan kamu di saat mencari pekerjaan nanti.

Sejauh ini, Teknik Pengairan memang identik dengan Universitas Brawijaya. Namun beberapa tahun ke belakang, ITB juga mulai menggarap program Studi serupa, yakni program studi Teknik Sumber Daya Air.

Semasa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah yang intinya membentuk kamu untuk jadi ahli dalam segala hal yang menyangkut sumber daya air, baik itu perencanaanya, perancangan, pelaksanaan, dan pengoperasian serta bagaiman pemeliharaannya.

Langsung saja kita bahas beberapa prospek kerja lulusan Teknik Pengairan :

1. Instansi Pemerintah

Ketika kita berbicara tentang air, yang merupakan kebutuhan banyak orang, maka tidak akan lepas peran dari pemerintah sebagai institusi yang bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya tersebut demi kesejahteraan bersama. Maka, ketika lulus kamu bisa melamar untuk bekerja di Instansi pemerintahan seperti Kementrian Pekerjaan Umum, Dinas Pengairan Daerah, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup dan lain sebagainya.

2. BUMN

Selain bekerja di sektor pemerintahan, kamu juga mempunyai kesempatan untuk bekerja di BUMN yang mempunyai bisnis yang berhubungan dengan sumber daya air, sala satu nya adalah PLN, apalagi saat ini PLN yang semakin banyak menggarap PLTA ataupun Pembangkit listrik mikrohidro untuk memenuhi kebutuhan listrik saat ini.

Selain perusahaan BUMN kamu juga bisa bekerja di perusahaan milik daerah seperti hal nya PDAM.

3. Perusahaan Kontraktor

Selain lulusan Teknik Sipil, perusahaan Kontraktor juga akan membutuhkan lulusan Teknik Pengairan, karena banyak sekali proyek-proyek pembangunan yang selalu berkaitan dengan sumber daya air, speperti waduk, bendungan, sungai da lainnya. Untuk Perusahaan Kontraktor sendiri sangat banyak baik itu yang BUMN maupun Swasta.

4. Tenaga Pengajar / Dosen

Selain lapangan kerja umum, lulusan Teknik Pengairan juga bisa menjadi dosen Teknik di Universitas, namun tentu saja harus minimal kuliah Magister / S2 terlebih dahulu.

Itulah beberapa prospek kerja dari lulusan Teknik Pengairan, tentu saja masih banyak prospek kerja yang lain selama sesuai dengan kompetensi dan skill yang dimiliki.

Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi website dari kampus penyelengaran program studi :

1. Teknik Pengairan Universitas Brawijaya

2. Teknik Sumber Daya Air ITB

 

Image Source : Camille Visser | FLickr

 

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US