//Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin

Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin

Saat ini dalam kehidupan sehari-hari, pastinya kita akan selalu bekerja dan berdampingan dengan apa yang namanya mesin, baik itu mesin motor, mobil, dan mesin-mesin lainnya. Nah, jika kamu termasuk orang yang suka oprak-oprek sesuatu, dan suka permesinan, maka akan sangat cocok untuk kamu masuk ke program studi Teknik Mesin.

Program Studi Teknik Mesin ini adalah program studi yang mempelajari tentang segala hal yang berkaitan dengan permesinan. Jadi semas perkuliahan, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti : Pengantar Teknik Mesin, Konsep Teknologi, Fisika, Matematika, Kimia, Mekatronika, Dinamika Teknik, dan lain sebagainya.

Dan inilah beberapa prospek kerja dari lulusan program studi Teknik Mesin :

1. Operation Staff

Operation Staff disini sebagai seorang pegawai yang bertugas untuk mengoperasikan mesin yang dibutuhkan perusahaan. Banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan Teknik Mesin di bagian ini seperti Medco, Astra, Cevron, Pertamina, dan lain sebagainya.

2. Maintenance Staff

Jika staf operasional bertugas untuk menjalankan dan mengoperasikan mesin tersebut, sementara staf Maintenance bertugas untuk perawatan mesin-mesin tersebut. Menjadi staff Maintenance banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, dan mencakup berbagai perusahaan yang lebih luas juga, karena setiap perusahaan yang menggunakan mesin tentu akan membutuhkan orang-orang ahli yang bertugas untuk melakukan perawatan.

Jenis-jenis perusahaan yang membutuhkan lulusan teknik mesin :

1. Pembangkit Energi

Pembangkit energi, pasti tidak akan terlepas dari mesin-mesin sebagai bagian pengerraknya, beberapa contoh perusahaan pembangkit Energi di Indonesai, Chevron, PLN, Indonesia Power.

2. Otomotif

Apalagi bidang otomotif yang menjadikan mesin sebagai bagian utama danterpenting dari sebuah produk otomotif, tentu saja akan banyak memebutuhkan lulusan teknik mesin. Contoh perusahaan di bidang ini : Astra Internasiona dan lain sebagainya.

3. Minyak dan Gas

Dalam pengolahan, minyak dan gas diperlukan mesin-mesin pendukung sistem produksi. Beberapa contoh perusahan minyak dan gas : Total, Pertamina, Petroleum, Petronas, dan lain sebagianya.

4. Manufaktur

Perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur justru sangat membutuhkan lulusan teknik mesin untuk operasional perusahaanya. Contoh perushaan di bidang ini sangat banyak sekali salah satunya seperti Indofood, Delta Jakarta, Mayora, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa prospek kerja dari lulusan teknik mesin, dan selain beberapa prospek kerja diatas, tentu saja lulusan teknik mesin juga bisa daftar menjadi PNS atau membuka usaha sendiri, bahkan bekerja di bidang lain sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing.

Keep Calm and Stay Curious.

Silahkan bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Source : Ine Wstyles | Flickr

loading...
Share this :
loading...