//Prospek Kerja Lulusan Teknik Geologi

Prospek Kerja Lulusan Teknik Geologi

Teknik Geologi ini merupakan Program Studi yang mempelajari tentang Bumi dan beberapa hal yang berkaitan dengan tanah dan batuan-batuan serta pembentukannya. Prospek kerja lulusan Teknik Geologi sendiri cukup luas sebenarnya, sehingga kamu tidak harus kebingungan ketika lulus kuliah.

Semasa perkuliahan sendiri, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Petrologi, Sedimentologi, Paleontologi, Struktur Geologi, Metode Pemetaan Geologi, Petrografi, Vulkanologi,Geokimia, Goetektonik, Geostatistika dan lain sebaginya. Setelah lulus, kamu akan  mendapatkan gelar Sarjana Teknik.

Berikut prospek kerja dari lulusan program studi Teknik Geologi :

1. Perusahaan Swasta/BUMN

Bagi kamu lulusan Teknik Geologi, banyak perusahaan yang akan membutuhkan jasa dan keahlianmu, seperti perusahaan pertambangan serta minyak dan gas. Beberapa perusahaan terkenal yang dibidang ini seperti Pertamina, Medco energi, Chevron, Freeport, ANTAM dan lain sebagainya.

Bekerja di perusahan pertambangan, minyak dan gas merupakan impian banyak orang, ini tidak lain karena mempunyai prospek gaji yang cukup besar, apalagi bila kamu berani bekerja diluar negeri, maka jangan kaget dengan besarnya gaji yang bisa kamu peroleh.

2. Lembaga Penelitian

Banyak pula lembaga penelitian yang bisa kamu masuki sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang kamu miliki. Lembaga-lembaga seperti Pusat Penelitian Gunung Berapai, LIPI, Badan Penanggulangan Bencana dan lain sebagainya.

3. Instansi Pemerintahan

Bahkan jika kamu ingin mendai seorang PNS atau Pegawai negeri sipil, ada beberapa Instansi Pemerintahan yang membutuhkan kompetensimu seperti Kementrian ESDM, Bappenas ataupun Bappeda.

4. Tenaga Pengajar

Bagi kamu yang mempunyai passion mengajar, kamu juga bisa bekerja sebagai tenaga pengajar seperti dosen di Universitas-universitas setelah menyelsaikan kuliah S2 terlebih dahulu.

 

Image Source : Geological Survey

loading...
Share this :
loading...