//Prospek kerja Lulusan Sastra Jerman

Prospek kerja Lulusan Sastra Jerman

Program studi Sastra Jerman ini merupakan program studi di bawah Fakultas Ilmu Budaya yang secara garis besar mempelajari berbagai hal tentang bahasa, sastra dan budaya dari bangsa Jerman. Prospek kerja dari lulusan sastra Jerman ini bisa bekerja di berbagai bidang baik itu swasta maupun pemerintahan.

Selama masa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Sejarah Jerman, Bahasa Jerman, Budaya Jerman, Kesenian, Sosial Masyarakat, Perkembangan Politik, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Sastra Jerman :

1. Penerjemaah

Menjadi penerjemaah bahasa Jerman baik lisan maupun tulisan merupakan salah satu prospek kerja bagi lulusan dari Sastra Jerman. Menjadi penerjemaah di perusahaan multinasional Jerman yang ada di Indonesia salah satunya bisa jadi pilihan yang menarik.

2. Tour Guide

Menanjaknya tren pariwisata bisa menjadi berkah sendiri bagiorang-orang yang berkecimpung di dunia guide. Dengan hal terebut memungkinkan juga semakin banyak turis jerman yang datang ke Indonesia, walaupun rata-rata turis Jerman bisa berbahasa Inggris, namun tentu saja Guide yang fasih berbahasa Jerman akan membuat mereka lebih nyaman mengunjungi tempat wisata.

3. Departemen Luar Negeri

Bekerja di Departemen yang satu ini memang menjadi impian banyak orang. Kamu bisa melamar bekerja di departemen luar negeri terutama khusus untuk hubungan luar negeri dengan negara Jerman. Seperti menjadi diplomat di Kedubes di Jerman.

4. Jurnalis

Kemampuan bahasa asing kamu yang baik bisa menjadi faktor yang membuat kamu bisa menjadi jurnalis, bahkan di tugaskan di luar negeri. Menjadi jurnalis tentu merupakan sebuah pekerjaan yang sangat menarik untuk kamu coba.

5. Perusahaan Multinasional Jerman

Kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan jerman yang bersifat Multinasional, terutama ada di negara kita, maka peluang kerja kamu akan cukup baik untuk di terima di berbagai posisi yang kamu kuasai. Beberapa perusahaan Multinasional Jerman yang ada di Indonesia seperti perusahaan Cargo DHL ataupun Airlines Lufthansa.

6. Pengusaha

Kamu juga bisa menjadi pengusaha di bidang apapun yang sesuai dengan keinginan kamu. Menjadi pengusaha memang merupakan hal yang sedang nge tren belakangan ini, selain itu kamu juga bisa membuka lowongan kerja untuk banyak orang. Contohnya saja, kamu mendirikan sebuah lembaga kursus bahasa Jerman, ataupun agen Kerja untuk ke Jerman, dan lain sebagainya.

7. Tenaga Pengajar

Setelah lulus kamu juga bisa bekerja di berbagai lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pembelajaran bahasa Jerman. Baik itu tempat kursus, sekolah, maupun Universitas dan perusahaan.

 

Image Source : Rick Ligthelm | Flickr

loading...
Share this :
loading...