//Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris

Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris

Program Studi Sastra Inggris ini adalah salah satu program studi yang banyak diminati oleh lulusan SLTA untuk melanjutkan studinya. Biasanya program studi Sastra Inggris ini ada di bawah Fakultas Ilmu Budaya.

Selama masa perkuliahan, yang di pelajari di program studi ini adalah berbagai hal yang berhubungan dengan Inggris, seperti bahasa, budaya, dan analisis lainnya.

Prospek kerja dari lulusan Sastra Inggris sendiri sangat luas, apalagi bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional pada masa kini dan menjadi kepastian bahwa sumber daya manusia yang mampu berbahasa Inggris menjadi sebuah persyaratan di banyak perusahaan. Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Sastra Inggris :

1. Penerjemaah

Untuk beberapa bidang sangat di perlukan penerjemaah yang baik, seperti penulisan ulang buku-buku dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, penerjemaah film, ataupun penerjemaah untuk dialog dan kepentingan lainnya.

2. Interpreter

Intrepreter ini adalah orang yang memperesentasikan atau menjelaskan sesuatu kepada orang lain. Orang yang menjadi intrepreter terutama di perushaan-perushaan multinasional haruslah orang yang mempunyai bahasa inggris dan komunikasi yang baik.

3. Penulis / Copywriting

Menulis dengan bahasa inggris berarti memungkin lebih banyak orang di dunia ini mengerti dan tahu apa yang ingin kita sampaikan, entah itu novel, cerpen, artikel-artikel majalah, dan lain sebagainya.

4. Media

Perusahaan media seperti Televisi, Radio, Majalah, Media Online, dan lain sebagainya biasanya menjadikan keharusan berbahasa inggris menjadi syarat dan modal utama bagi para pekerjanya.

5. Jurnalistik

Dunia jurnalistik merupakan salah satu hal yang menarik, apalagi sekarang bukan hanya media lokal yang ada di negara kita, bahkan banyak media masa dari luar negeri yang membutuhkan jurnalis di negara kita.

6. Pariwisata

Industri pariwisata saat ini sedang berkembang pesat, turis-turis asing semakin mudah di jumapi di setiap bagian di negri ini. Banyak sekali jenis pekerjaan di dunia pariwisata yang sesuai seperti tour guide, hotel, dan lain sebagainya.

7. Wirausaha

Ya, tentu saja setiap orang mempunyai kesempatan untuk menjadi seorang wirausahawan, apalagi tren wirausaha saat ini yang sedang booming-boomingnya. Menjadi wirausahawan tidak harus lulusan ekonomi atau bisnis, tapi dari lulusan apapun bisa menjadi seorang wirausaha. Contohnya lulusan sastra Inggris yang mendirikan kursusan bahasa Inggris sendiri.

8. Departemen Luar Negeri

Kamu juga bisa melamar ke departemen / kementrian luar negeri, kemampuan bahasa kamu akan cukup di butuhkan untuk para perwakilan negara ini di negara sahabat.

9. Tenaga Pengajar

Karena bukan merupakan bahasa resmi ataupun bahasa ibu, maka banyak sekali institusi yang berdiri untuk mengajarkan bahasa Inggris, sehingga jika kamu lulusan bahasa Inggris tinggal pilih kamu mau mengajar di mana.

Itulah beberapa prospek kerja dari lulusan Sastra Inggris. Semoga bisa bermanfaat 🙂 Goodluck !

Keep Calm and Stay Curious.

Silahkan bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Source : Ryan Nicklin | Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US