//Prospek Kerja Lulusan Rekayasa Hayati

Prospek Kerja Lulusan Rekayasa Hayati

Rekayasa Hayati atau bahasa gaulnya Bio-engineering, merupakan program studi yang secara garis besar mempelajari perekayasaan yang berbasis biosistem untuk meningkatkan efisiensi biosistem dan menjadi sebuah bioproduk yang lebih baik lagi sesuai kebutuhan bioindustri. Dilihat dari kemampuan lulusan dan kondisi industri saat ini, prospek kerja lulusan Rekayasa Hayati cukup baik.

Semasa perkuliahan sendiri, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Biologi, Mikrobiologi, Matematika, Fisika, Sistem Rekayasa, Perancangan Bioreaktor, Prisnsip Prinsip Pemisahan Bioproduk, Permodelan Dinamik Rekayasa hayati, Bioteknologi Tumbuhan, Bioindustri, dan lain sebagainya. Jadi setelah lulus kuliah kamu akan menjadi seorang ahli dalam bidang pengembangan produk yang berbasis biosistem.

Berikut langsung saja beberapa prospek kerja dari lulusan Rekayasa hayati :

1. Perusahaan Swasta/BUMN

Lulusan dari Rekayasa Hayati sendiri bisa bekerja di perusahaan di berbagai bidang dan jenis perusahaan. Beberapa jenis perusahaan yang bisa dimasuki lulusan Rekayasa Hayati diantaranya adalah : Pertanian dan Perhutanan, Perminyakan dan Pertambangan, Prusahaan Medis, Perusahaan Pangan, Perusahaan Pupuk, Perusahaan Bioenergi, Perusahaan Peternakan.

Jika dilihat dari jenis perusahaan yang bisa dimasuki, maka prospek kerjanya bisa dibilang cukup luas karena apa yang dipelajari semasa perkuliahaan bisa diterapkan diberbagai bidang dan cukup dibutuhkan. Tentu sangat banyak perusahaan baik swasta maupun BUMN yang bisa menjadi tujuan dari lulusan Rekayasa Industri ini.

2. Wirausahawan

Kurikulum Rekayasa Hayati yang mendorong mahasiswa membuat produk baru bisa menjadi sebuah kesempatan bagi para mahasiswa yang memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi untuk lulus mendjadi seorang pengusaha di bidang biosindustri. Mengingat pasar dan kebutuhan di bidang ini juga sangat potensial bagi para pengusaha baru yang mempunyai produk berkualitas.

3. Lembaga Penelitian

Banyak juga lembaga penelitian yang sesuai dan bisa menjadi tujuan lulusan Rekayasa Hayati. Beberapa lembaga penelitian dalam negeri yang terkenal seperti LIPI, Lembaga Molekular Eijkman, dan lembaga lembaga terkait lainnya.

4. Tenaga Pengajar

Lulusan Rekayasa Hayati tentu juga mempunyai kesempatan menjadi tenaga pengajar seperti dosen. Namun tentu saja, jika ingin menjadi dosen maka setelah lulus harus kuliah s2 terlebih dahulu.

5. Instansi Pemerintahan

Bagi kamu yang ingin menjadi PNS juga jangan khawatir karena peluang kerja menjdai seorang pegawai negeri sipil juga terbuka lebar dan kamu bisa mencoba melamar bekerja ke beberapa Instansi Pemerintahan seperti : Kementrian Pertanian dan Kehutanan, Kementrian Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan instansi-instansi relevan lainnya.

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US