//Prospek Kerja Lulusan Pendidikan Dokter Hewan

Prospek Kerja Lulusan Pendidikan Dokter Hewan

Saat ini, hewan peliharan menjadi sebuah gaya hidup bagi sebagian banyak masyarakat urban, termasuk masyarakat urban di negara kita tercinta Indonesia. Hal ini pula lah yang menyebabkan profesi Dokter hewan semakin di butuhkan.

Citra dokter hewan saat ini bukan lagi hanya mengurusi hewan-hewan ternak atau hewan kebun binatang lagi, melainkan semakin naik kelas dengan banyaknya permintaan perawatan dari pemilik hewan peliharaan.

Jika kamu ingin menjadi seorang Dokter Hewan, ya maka cara yang paling tepat adalah masuk kuliah ke program studi Pendidikan Dokter Hewan. Selama masa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Manajemen & Penyakit Hewan, Teknik Kedokteran Hewan, Ilmu Kesehatan Lingkungan, Ilmu Pakan Ternak Hewan, Ilmu Peternakan, Fisiologi, Farmakologi dan mata kuliah lainnya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Pendidikan Dokter Hewan :

1. Dokter Hewan Peliharaan

Yap, yang pertama kamu bisa membuka praktek untuk dokter hewan peliharaan. Karena saat ini, umumnya rumah sakit hewan peliharaan masihlah sangat jarang di negara kita, jadi salah satu solusi terbaik adalah buka praktik sendiri,

2. Dokter Hewan Ternak

Menjadi seorang Dokter ternak ini bisa bekerja sebagai pegawai tetap sebagai tenaga medis di sebuah institusi peternakan, ataupun buka praktek sendiri dan melayani panggilan permintaan dari pemilik ternak, baik perseorangan maupun perusahaan.

Dokter Hewan sendiri sebenarnya merupakan bagian penting dari sebuah industri peternakan, yang sayangnya di negara kita sendiri masih minim kesadaran dari para peternak terutama peternak tradisional akan penggunaan dokter hewan, padahal kemajuan peternakan akan semakin baik jiga di suplai oleh tenaga medis hewan sendiri.

3. Dokter Hewan Liar

Bukan hanya hewan peliharaan maupun hewan ternak aja yang butuh dokter, saat ini lembaga-lembaga konservasi maupun kebun binatang yang memelihara hewan liar pada umumnya juga memerlukan seorang Dokter Hewan untuk menangani satwa-satwa liar mereka.

4. Industri Pakan Hewan

Saat ini industri pakan hewan terus dikembangkan, untuk memberikan kualitas pakan hewan terbaik, dengan baiknya kualitas pakan hewan tetnu saja akan meningkatkan kualitas dari hewan itu sendiri, baik itu hewan ternak maupun hewan peliharaan.

Di Industri ini, biasanya Dokter Hewan ditempatkan di bagian quality control, sebagai pemeerhati dan penilai kualitas dari pakan hewan yang diproduksi oleh perusahaan pakan hewan itu sendiri.

5. Tenaga Pengajar

Jika seandainya passion kamu ternyata lebih ke mengajar, maka jangan khawatir karena kamu juga bisa bekerja sebagai tenaga pengajar seperti dosen di kedokteran hewan.

6. Pegawai Negeri

Menjadi seorang PNS memang bisa dikatakan menjadi hak siapa saja yang mau dan berkompeten, dan untuk lulusan Pendidikan Dokter Hewan tentu saja mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil alias PNS. Kamu bisa melamar menjadi PNS untuk bekerja diberbagai instansi seperti, kementian Kesehatan, Lingkungan Hidup, ataupun Dinas Pertanian dan Peternakan.

Image Source : N A I T | Flickr

loading...
Share this :
loading...