//Prospek Kerja Lulusan Mikrobiologi

Prospek Kerja Lulusan Mikrobiologi

Sesuai dengan namanya, program studi Mikrobiologi merupakan program studi yang secara garis besar mempelajari segala hal yang berkaitan dengan mikroorganisme untuk mengembangkan sebuah produk yang lebih baik dengan memanfaatkan mikroorganisme-mikroorganisme. program studi ini masih sangat jarang di Indonesia, sehingga prospek kerja lulusan Mikrobiologi sangat baik selama mempunyai kompetensi dan belajar dengan baik semasa perkuliahan.

Semasa perkuliahan, di program studi Mikrobiologi ini kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Mikrobiologi Umum, Biokimia, Mikrobiologi Makanan, Mikrobiologi Analitik, Fermentasi, Kimia Organik, Enzimologi, Biostatistika, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja bagi lulusan Mikrobiologi :

1. Perusahaan Swasta / BUMN

Berkarir di perusahaan-perusahaan swasta maupun BUMN bagi lulusan Mikrobiologi juga cukup terbuka lebar. Perusahaan-perusahaan yang bisa dimasuki oleh lulusan Mikrobiologi diantaranya adalah Perusahaan Makan dan Minuman (Food and Beverage) ataupun Perusahaan Vaksin dan Farmasi.

Di perusahaan-perusahaan tersebut, lulusan Mikrobiologi bisa bekerja di berbagai bagian seperti Quality Control, ataupun Production Staff.

2. Tenaga Pengajar

Kesempatan menjadi tenaga pengajar juga terbuka lebar, kamu tinggal melanjutkan sekolah S2 dan mendaftar menjadi Dosen di Universitas-universitas. Terutama di Universitas yang memiliki fakultas yang berkaitan.

3. Instansi Pemerintahan

Bagi kamu lulusan Mikrobiologi yang ingin mendaftar menjadi seorang pegawai negeri sipil juga mempunyai kesempatan yang bagus. Kamu bisa melamar untuk menjadi pegawai di salah satu Instansi pemerintahan. Instansi-instansi pemerintahan yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang kamu miliki diantaranya seperti Kementrian Kesehatan, Kementrian Pertanian, Dinas Kesehatan Daerah, Dinas Pertanian.

4. Lembaga Penelitian

Lembaga-lembaga penelitian seperti LIPI akan juga terbuka untuk kamu yang memiliki passion untuk meneliti dan mengembangkan hal-hal baru untuk kepentingan bersama.

5. Wirausahawan

Jika kamu malas bekerj pada orang lain, kamu mungkin bisa mencoba untuk membuka usaha sendiri dengan produk mikrobiologi yang kamu kembangkan sendiri. Tentu saja dengan menjadi wirausaha kamu akan menyerap banyak tenaga pekerja dan berjasa mengurangi pengangguran. Apalagi saat ini keterbuka masyarakat terhadap produk-produk baru begitu baik.

Image Source : Universitetssykehuset

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US