//Prospek Kerja Lulusan S1 Manajemen

Prospek Kerja Lulusan S1 Manajemen

Hallo Good People !

Kali ini kita akan mencoba untuk membahas sedikit tentang apa itu program studi Manajemen (S1) dan apa aja prospek kerjannya.

Program studi Manajemen (S1) ini merupakan program studi yang bisasanya berada di fakultas ekonomi dan bisnis di beberapa Universitas. Manajemen sendiri merupakan program studi yang hampir selalu di temui di setiap Universitas.

Manajemen sendiri lingkupannya sangat luas sekali, sehingga prospek kerjanya pun sebenarnya sangatlah luas, namun tentu juga saingannya juga banyak. Ini karena di program studi Manajemen ini kamu akan mempelajari berbagai hal tentang manajemen, manajemen dasar dan umum, sehingga bisa diterapkan di berbagai bidang baik itu bisnis, organisasi dan badan lainnya, sehingga lulusan dari program studi manajemen sendiri haruslah luwes dan pintar beradaptasi dimana saja.

Bidang yang di pelajarinya-pun cukuplah banyak seperti SDM, Pemasaran, Operasional, sampai Keuangan akan kamu pelajari semasa perkuliahan. Hal ini karena kamu di tempa untuk menjadi seorang calon manajer, sehingga kamu mengerti berbagai hal di sebuah badan bisnis. Ini sesuai dengan pengertian manajemen yaitu proses untuk mencapai tujuan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Dan inilah beberapa prospek kerja dari lulusan S1 Manajemen :

1. Staf SDM (Sumber Daya Manusia)

Seorang lulusan S1 manajemen memang diproyeksikan untuk menjadi seorang Manajer, namun tentu saja tidak mungkin masuk ke perusahaan langsung menjadi seorang manajer, apalagi bagi seorang fresh graduate. Bagian yang bisa di masuki oleh lulusan S1 Manajemen adalah sebagai staf di bagian SDM perusahaan, dimana disana akan terkonsentrasi mengatur sedemikian rupa sumberdaya manusia yang ada di perusahaan tersebut.

2. Staf Pemasaran

Marketing adalah salah satu yang harus di kuasai oleh seorang lulusan S1 Manajemen, karena marketing itu merupakan salah satu pilar perusahaan tentunya selain SDM dan Operasional serta keuangan. Lulusan s1 Manajemn juga mempunyai kesempatan untuk bekerja di bagian Marketing.

3. Staf Keuangan

Nah bisa juga kalau passion dan keahlian hitung menghitungnya bagus nih, kamu bisa bekerja di staf keuangan sambil meniti karir menuju puncak perusahaan. Tentu saja kamu akan mempunyai skill akuntansi jika kamu masuk ke program studi Manajemen.

4. Staf Operasional

Staf operasional adalah pegawai perusahaan yang mengurus kegiatan utama bisnis perusahaan tersebut, contohnya di administrasi, costumer service, dan lain sebagainya sesuai dengan perusahaan yang di tempati.

5. Manajemen Trainee

Manajemen Trainee (MT) ini sedang menjadi hal baru dan incaran banyak pencari kerja, baik itu fresh graduate ataupun bahkan yang pernah bekerja sebelumnya. Manajemen Trainee ini adalah orang-orang pilihan untuk sebuah perusahaan yang nantinya akan disiapkan menjadi seorang manajer yang tahu dan mengerti tentang segala seluk beluk dan kondisi bisnis dari perusahaan tersebut. Manejemen Trainee adalah program yang menjadi pilihan bagi banyak perusahaan besar untuk mendapatkan Manajer berkompeten.

Itulah beberapa posisi yang bisa di isi oleh seorang lulusan S1 manajemen di sebuah perusahaan, tentu saja masih banyak prospek kerja lain seperti di pemerintahan menjadi PNS atau memilih membuka usaha sendiri, atau bahkan pekerjaan lain sesuai dengan passion dan keahliannya.

Semoga bermanfaat 🙂 Goodluck !

 

Keep Calm and Stay Curious.

Silahkan bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Source : Jon Bunge / Flickr

loading...
Share this :
loading...