//Prospek Kerja Lulusan Manajemen Sumberdaya Perairan

Prospek Kerja Lulusan Manajemen Sumberdaya Perairan

Manajemen Sumber Daya Perairan merupakan program studi yang mahasiswanya mempelajari segala hal yang berkaitan dengan sumberdaya perairan seperti laut, lingkungan disekitarnya,sosial masyarakatnya, serta hukum-hukum yang berkaitan.

Kalian pasti tahu bahwa, lautan di Indonesia ini lebih luas daripada daratan. Lautan yang luas ini merupakan potensi bagi bangsa kita jika mampu dimanfaatkan dengan sangat baik. Melihat saat ini, prospek kelautan kita belum dengan baik dikelola, maka akan memungkinkan jika dimasa kedepan kita, bangsa ini justru bergantung pada sektor kelautan dan perairan.

Semasa perkuliahan, mahasiswa Manajemen Sumberdaya perairan akan mempelajari berbagai macam mata kuliah inti seperti : Ilmu Perikanan, Iktiologi, Mikrobiologi Akuatik, Ekologi Perairan, Hukum & Peraturan Perikanan, dan lain sebagainya.

Beikut beberapa prospek kerja dari Lulusan Manajemen Sumberdaya Perairan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki :

1. Instansi Pemerintahan / PNS

Banyak sekali Instansi pemerintahan yang cocok untuk dimasuki oleh lulusan dari Manajemen Sumberdaya Perairan, tentu saja harus melalui proses seleksi cpns terlebih dahulu dan bersaing dengan banyak orang lainnya. Beberapa Instansi tersebut diantaranya seperti : Kementrian Kelautan dan Perikanan, Dinas Perikanan Daerah, Balai Penelitian, Bappenas, dan lain sebagainya.

2. Perusahaan Swasta / BUMN

Selain bekerja di Pemerintahan, banyak juga perusahaan yang cocok dan bisa dimasuki oleh lulusan dari Manajemen Sumberdaya Pengairan, baik itu perusahaan swasta ataupun BUMN. Perusahaan-perusahaan tersebut seperti Perusahaan Budidaya Laut, Pangan Ikan, Konsultan Kelautan, dan lain sebagainya. Di perusahaan ini, seorang lulusan dari Manajemen Sumberdaya Pengairan bisa bekerja di berbagai posisi/bagian seperti staf operasional, ataupun Sumberdaya Manusia dan Posisi Manajerial lainnya.

3. Wirausaha / Entrepreneur

Menjadi wirausahawan di bidang sumber daya perairan mempunyai peluang yang cukup besar untuk berhasil, mengingat masih sedikitnya orang yang bergerak di bisnis ini jika dibandingkan dengan potensi yang dimiliki oleh negara ini. Contohnya seperti Mendidikan perusahaan Budidaya sendiri.

Selain itu tentu saja, akan mampu membuka lapangan kerja bagi masyarkat disekitar perairan kita yang justru kebanyakan keadaannya dibawah sejahtera.

4. Tenaga Pengajar / Dosen

Untuk menjadi seorang Dosen saat ini, tentunya diharuskan untuk kuliah lagi minimal s2. Namun jika belum berkesempatan meneruskan S2, maka menjadi pengajar di SMK kelautan juga bisa menajdi Alternatfi sembari mencari pengalaman.

Itulah beberapa prospek kerja dari lulusan Manajemen Sumberdaya Pengairan sesuai kompetensi yang dimilikinya. Semoga bisa bermanfaat 🙂 Goodluck !

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : fish.faperta.ugm.ac.id | web

Share this :