//Prospek Kerja Lulusan Manajemen Pengaturan Perjalanan

Prospek Kerja Lulusan Manajemen Pengaturan Perjalanan

Ya selamat jam segini gaiss 🙂

Pada kesempatana kali ini nih, kita bakalan bahas beberapa prospek kerja dari lulusan program studi Manajemen Pengaturan Perjalanan (D4).

Nah, program studi Manajemen Pengaturan Perjalanan ini adalah program studi yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan pengaturan perjalanan wisata.

Jadi, semasa perkuliahaan kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah inti seperti : Bahasa Asing, Pelayanan, Penyusunan Paket Wisata, Geografi Pariwisata, Kebudayaan, Teknik Intrepretasi, Pemanduan wisata, dan lain sebagainya.

Saat lulus, kamu akan mempunyai banyak kompetensi yang akan kamu gunakan di dunia kerja, berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Program Studi Manajemen Pengaturan Perjalanan :

1. Tour Guide

Dengan masuk ke program studi ini kamu akan mempunyai kemampuan untuk menjadi seorang guide profesional dan juga disertifikasi. Menjadi guide saat ini bukan lagi profesi yang di pandang sebelah mata seiring dengan meningkatnya tren pariwisata di negara kita ini.

Menjadi guide juga bukan sekedar sebuah pekerjaan, namun menjadi ikon yang harus bisa menjadi wakil/representatif dari suatu bangsa, apalagi jika yang dihadapi adalah turis asing.

2. Tour Leader

Tour Leader berbeda lagi dengan Tour Guide, jika tour guide hanya menyampaikan informasi tentang satu atau beberapa daya tarik wisata yang akan dikunjungi, Tour Leader lebih ke orang yang mendampingi, dan bertanggung jawab terhadap wisatawan dari mulai keberangkatan sampai pulang kembali.

Sehingga, sukses tidaknya sebuah perjalanan wisata itu tergantung bagaimana kinerja seorang Tour Leader.

3. Tour Operator

Tour Operator ini adalah sebuah orang yang bertugas untuk mempersiapkan dan  sebuah perjalanan wisata. Di mulai dari meneliti dan menyusun setiap komponen dari sebuah Paket Wisata sesuai dengan permintaan ataupun target pasar, sampai dengan menjual paket tour tersebut.

4. Tour / Travel Consultant 

Tour Consultant adalah orang yang berprofesi sebagai pemberi informasi dan konsultasi bagi para wisatawan yang akan melakukan sebuah perjalanan wisata, maka bertanya kepada seorang tour consultant adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan kualitas dari perjalanan wisata kita.

Itulah beberapa prospek kerja dari lulusan manajemen Pengaturan Perjalanan, namun selain itu juga tentunya lulusan prodi MPP ini bisa melamar kerja di Instansi pemerintahan (PNS), atau menjadi wirausahawan dengan membuka Tour and Travel sendiri, dan juga pekerjaan lainnya yang sesuai dengan minat dan kompetensi yang dimilikinya.

Sekian, mudah-mudahan bisa bermanaat 🙂 Goodluck !

Keep Calm and Stay Curious.

Silahkan bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Source : Freetourssydney.com.au | Flickr

loading...
Share this :
loading...