//Prospek Kerja Lulusan Keuangan dan Perbankan

Prospek Kerja Lulusan Keuangan dan Perbankan

Program studi keuangan dan perbankan adalah program studi yang mempelajari segala hal tentang perbankan dan Keuangan pada umumnya. Oleh karenanya ketika kamu lulus dari program studi ini, prospek kerja nya tidak hanya di sektor perbankan saja, melainkan di sektor-sektor keuangan lain pada umumnya.

Ketika masa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : akuntansi keuangan, komputer keuangan, manajemen keuangan, pemasaran lembaga keuangan, etika perbankan, komunikasi bisnis, hukum bisnis, analisis kredit, Auditing, perpajakan, customer service, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan keuangan dan perbankan :

1. Staff administrasi

Seorang staf administrasi adalah orang yang bertugas untuk mengurusi segala macam urusan administrasi di sebuah perusahaan. Perusahaan yang cocok untuk lulusan program studi keuangan dan perbankan adalah tentu saja di perusahaan keuangan ataupun lembaga keuangan seperti bank.

Apalagi perbankan saat ini menjadi sektor yang terus tumbuh. Tentu saja kamu bisa melamar menjadi staff administrasi di perusahaan lain selain perusahaan perbankan.

2. Customer service

Menjadi seorang customer service juga begitu menyenangkan apalagi bagi orang yang senang melayani orang lain. Customer service adalah orang yang bertugas untuk melayani nasabah sebaik mungkin.

3. Teller

Selain customer service kamu juga bisa menjadi seorang teller di bank. Teller ini adalah orang yang melayani nasabah dalam setiap transaksi keuangan di sebuah bank. Kamu pasti sering menjumpai ketika kamu melakukan transaksi di sebuah bank, teller ini harus menguasai sistem komputer keuangan dan juga pelayanan nasabah yang baik.

4. Staff marketing

Marketing adalah salah satu ujung tombak perusahaan, jika passion kamu di marketing, maka akan sangat cocok bila kamu melamar menjadi seorang staff marketing. Menjadi seorang marketing sangat menyenangkan bagi beberapa orang ditambah dengan bonus yang cukup selama kamu bekerja.

5. Lembaga keuangan selain bank

Lembaga keuangan bukan hanya bank, jadi ketika lulus kamu bisa bekerja di sektor keuangan selain Bank seperti koperasi, perusahaan asuransi, Pegadaian, Bursa Efek, leasing dan lain sebagainya.

Di Perusahaan atau lembaga lembaga ini kamu juga bisa bekerja di berbagai divisi atau bagian seperti administrasi, marketing ataupun operasional.

Itulah beberapa prospek kerja dari lulusan program studi keuangan dan perbankan, tentu saja banyak prospek kerja lainnya seperti menjadi PNS atau wirausahawan dan pekerjaan lainnya yang sesuai dengan skill dan kemampuan yang dimiliki.

Image Source : Simon Cunningham | Flickr

loading...
Share this :
loading...