//Prospek Kerja Lulusan Keteknikan Pertanian

Prospek Kerja Lulusan Keteknikan Pertanian

Pertanian merupakan bidang yang sejak dulu digeluti oleh umat manusia. Dan sampai sekarang pertanian terus menjadi bidang yang amat sangat penting bagi kelangsungan hidup umat manusia. Selaras dengan perkembangan jaman, ilmu-ilmu dan teknik-teknik yang ada di bidang pertanianpun ikut berubah dan berkembang sesuai dengan jamannya.

Di Indonesia yang sejak lama terkenal sebagai negara agraris yang subur, pertanian menjadi salah satu tulang punggung negara. Namun, pertanian yang dulu jaya sekarang sudah mulai tersisih karena satu dan lain hal. Hingga negara yang kaya ini harus banyak Impor hasil pertanian.

Dan bagi kamu yang ingin masuk ke bidang pertanian, tentunya adalah sebuah tantangan untuk mempertbaiki dan meningkatkan kualitas dari pertanian di negeri ini. Banyak Universitas di Indonesia yang mulai konsen dan mengembangkan program studi yang terfokus di bidang pertanian.

Program Studi Keteknikan Pertanian salah satunya. Bagi kamu yang ingin masuk ke program studi ini tidak usah khawatir dengan prospek kerjanya kedepan, selama kamu belajar dengan sungguh-sungguh maka kamu akan menjadi seorang yang sukses di bidang ini.

Selama masa perkuliahan, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti : Teknik Sumberdaya Alam Pertanian, Teknik Biosistem, Sistem Manajemen Informatika Pertanian, Mikrobiologi Hasil Pertanian, Hidrologi, Teknik Irigasi, Mekanika Mesin dan lain sebagainya.

Langsung saja berikut beberapa prospek kerja bagi lulusan Keteknikan Pertanian :

1. Perusahaan Swasta / BUMN

Perusahaan-perusahaan yang membutuhkan lulusan Keteknikan Pertanian diantaranya adalah perusahaan Alat-alat Industri Pertanian, Perusahaan-perusahaan Pangan, dan Perushaan Perkebunan, Perusahaan Industri Pertanian.

Di Perusahaan-perusahaan ini lulusan keteknikan Pertanian bisa bekerja di bagian Quality Control, ataupun Operasional dan Engineering.

2. Pegawai Negeri

Selain bekerja di perusahaan-perusahaan swasta, lulusan Keteknikan Pertanian juga bisa bekerja di Instansi-instansi pemerintahan dan menjadi seorang pegawai negeri sipil alias PNS. Beberapa Instansi Pemerintah yang sesuai dengan kompetensi dari lulusan keteknikan Pertanian diantaranya seperti Kementrian Pertanian, Kementrian Perindustrian, Dinas Pertanian, dan Lembaga-lembaga penelitian pertanian.

3. Tenaga Pengajar

Seorang lulusan dari Keteknikan Pertanian juga bisa menjadi seorang tenaga pengajar, baik menjadi guru di SMK Pertanian ataupun menjadi seorang Dosen di Universitas, namun tentu saja harus minimal lanjut S2 dahulu untuk bisa menjadi seorang Dosen.

4. Pengusaha

Menjadi seorang pengusaha merupakan hak dari setiap orang, dan bagi kamu yang lulusan Keteknikan Pertanian pun mempunyai kesempatan yang sama baiknya untuk menjadi pengusaha di bidang apapun. Namun, tentu saja bidang pertanian adalah bidang yang paling pas untuk kamu menjdai seorang pengusaha dan mengembangkan sektor pertanian.

Image Source : zet11 | Flickr

loading...
Share this :
loading...