//Prospek Kerja Lulusan Ilmu Politik

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Politik

Program Studi Ilmu Politik adalah program studi yang mempelajari seluk beluk politik, sosial budaya dan pemerintahan. Program studi ini biasanya ada di fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Bagi kamu yang menyenangi dunia politik, senang berfikir aktif dan senang menyuarakan pendapat, bisa saja kamu mempunyai passion untuk menjadi seorang politikus, walau begitu tidak semua lulusan dari Ilmu Politik akan menjadi seorang politikus.

Semasa perkuliahan, kamu akan menghadapi beberapa mata kuliah seperti Ilmu Politik, Sosiologi, Ilmu Ekonomi, Sistem Hukum, Sistem Politik, Komunikasi Politik, Analisis Kebijakan, dan lain sebagainya.

Inilah beberapa prospek kerja lulusan Ilmu Politik :

1. Anggota Badan Legislatif

Badan legislatif di Indonesia ini sangat banyak dimulai dari DPD, DPRD sampai DPR atau bahkan di MPR, namun tentunya dibutuhkan proses yang cukup panjang dan perjuangan yang lam biasanya bagi yang ingin menjadi anggota legislatif pemerintahan. Bagi kamu yang menjadi politikus partai ataupun mendaftar secara independen bisa mengikuti pencalonan pemilu 5 tahun sekali.

Kamu bisa menyuarakan gagasan dan aspirasi kamu untuk selanjutnya menjadi bagian penting di badan legislasi yang memperjuangkan kepentingan bersama, kepentingan masyarakat.

2. Anggota Partai Politik

Sebagai seorang lulusan Ilmu Politik, kamu pasti mempunyai gagasan dan ide-ide tersendiri, dan partai politik adalah salah satu wadah yang tepat untuk menyampaikan asrpirasi dan bergabung dengan partai politik yang mempunyai kesamaan pandangan dengan kamu.

3. Birokrat Pemerintahan

Selain menjadi anggota legislatif, kamu juga bisa menjadi eksekutif pemerintah dengan mencalonkan diri sebagai pegawai negeri sipil di salah satu instansi pemerintahan vatau bahkan mengikuti pilkada kepala daerah.

4. Peneliti/Pengamat Politik

Saat ini peneliti di bidang politik sendirti masih belum begitu terekspos, namun peranan dari para peneliti dan pengamat dunia politik ini sangat di perlukan oleh beberapa pemangku kepentingan, seperti partai politik, para calon pemimpin daerah, calon anggota legislatif, bahakn oleh media massa.

5. Jurnalis Politik

Banyak media yang selalu menempatkan bidang politik sebagai salah satu bahasan utama, apalagi kisruh dunia perpolitikan selalu menyajikan berita yang begitu menarik untuk dibahas, oleh karena itu di butuhkan jurnalis yang mengerti tentang dunia perpolitikan.

6. Tenaga Pengajar / Dosen

Tidak harus menjadi seorang politikus, tapi kamu bisa menjadi seorang guru bagi para politikus dengan menjadi seorang dosen Ilmu Politik, namun tentu saja setelah lulus kamu harus minimal kuliah dulu S2.

Itulah beberapa prospek kerja bagi lulusan Ilmu Politik sesuai dengan apa yang di pelajari semasa perkuliahannya, tentu saja ketika lulus kamu bebas memilih apa yang kamu inginkan dan tidak terbatas apapun asalkan sesuai dengan passion dan skill yang kamu miliki.

Semoga bisa bermanfaat 🙂 Goodluck !

 

Keep Calm and Stay Curious.

Silahkan bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Source : Itcmdrdata | Flickr

loading...
Share this :
loading...