//Prospek Kerja Lulusan Ilmu Pemerintahan

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Pemerintahan

Kali ini kita akan membahas tentang apa itu program studi Ilmu Pemerintahan dan beberapa prospek kerja dari lulusan Ilmu Pemerintahan.

Program Studi Ilmu Pemerintahan adalah program studi yang mempelajari tentang segala yang berhubungan dengan Pemerintahan, Industri, maupun masyarakat. Oleh karenanya program studi ini biasanya berdiri dibawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Beberapa mata kuliah inti yang akan kamu pelajari semasa perkuliahan adalah Ilmu Sosial dan Budaya, Ilmu Administrasi, Ilmu Politik, Sistem Hukum, Sistem Perekonomian, Manajemen SDM Pemerintahan, Kebijakan Pemerintah, dan lain sebagainya.

Dengan mempelajari beberapa mata kuliah di atas memang sudah terlihat jelas bahwa arahnya adalah lulusan Ilmu Pemerintah bisa menjadi bagian dari pemerintahan yang berkompetensi untuk membangun dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sehingga untuk kamu yang memang mempunyai passion untuk mengabdi kepada negara dan masyarakat, tentu akan sangat cocok untuk masuk ke program studi ini.

Berikut beberapa prospek kerja bagi lulusan program studi Ilmu Pemerintahan :

1. Birokrat Instansi Pemerintahan Daerah

Menjadi Pegawai Negeri Sipil memang prospek utama dari lulusan Ilmu Pemerintahan, setelah lulus bisa langsung melamar menjadi PNS di berbagai Instansi Pemerintahan, seperti Instansi pemerintahan daerah Provinsi, Kabupaten / Kota, dan Dinas-dinas terkait.

2. Birokrat Kementrian

Selain di pemerintahan daera juga bisa di pemerintah pusat, seperti di Kementrian, dan lembaga-lembaga pusat lainnya. Tentu saja bisa melamar menjadi PNS dan mengikuti seleksi dengan lulusan-lulusan lainnya.

3. Staf DPR/DPRD

Di DPR/DPRD atau bahkan MPR akan membutuhkan staf pembantu untuk kelangsungan kantor dan kerja instansi legistatif tersebut, karena yang mengurus DPR dan DPRD bukan hanya para anggota DPR yang menang Pemilu saja.

4. Staf Partai Politik

Partai Politik sangat mempunyai hubungan dekat dengan pemerintahan, dan hampir segala hal yang dilakukan tidak lepas dari lingkup pemerintahan, oleh karena itu dibutuhkan orang yang mengerti tentang seluk beluk pemerintahan, itulah lulusan Ilmu pemerintahan.

5. Tenaga Pengajar / Dosen

Selain sebagai pekerja di Instansi-instansi tadi, bisa juga lulusan Ilmu Pemerintahan yang mempunyai passion mengajar untuk menjadi seorang dosen, tentu saja dengan melanjutkan kuliah S2 terlebih dahulu minimal.

6. Peneliti 

Setiap instansi pemerintahan dan dinas-dinas hampir semua mempunyai badan penelitian, sehingga akan sangat terbuka untuk kamu masuk dan menjadi staf peneliti di salah satu Instansi pemerintahan.

Itulah beberapa prospek kerja yang sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki oleh seorang lulusan Ilmu Pemerintahan. Semoga bisa bermanfaat 🙂 Goodluck !

Keep Calm and Stay Curious.

Silahkan bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Source : Flickr

loading...
Share this :
loading...