//Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Lulusan Ilmu Komunikasi Bisnis memepunya beberapa prospek dan peluang kerja untuk kedepan-nya, sebelumnya kita akan bahas dahulu apa itu program studi Ilmu Komunikasi.

Ilmu Komunikasi adalah program studi yang mempelajari bagaimana menjadi komunikator yang baik secara verbal maupun non verbal, dengan ucapan maupun tulisan bisa menyampaikan informasi sebaik mungkin kepada audiens.

Ada beberapa mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi yang diantaranya adalah : Bahasa Indonesia Profesi, Ilmu Jurnalistik, Public Relation, Hukum Media Masa, Sosial dan Politik Marketing, Periklanan dan Pemasaran,Public Seaking,  Sosial budaya dan lain sebagainya.

Inilah beberapa prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi :

1. Public Relation

Jika kamu telah lulus dari program studi Ilmu komunikasi, kamu bisa melamar kerja dan mempunyai kompetensi untuk menjadi public realtion staff atau yang biasa di sebut HUMAS ( Hubungan Masyarakat) di sebuah perusahan.

Public Relation ini adalah bagian perusahan yang berfungsi sebagai perantara komunikasi terutama dengan pihak luar perusahan / masyarakat umum yang ingin melakukan kerjasama atau meneyelsaikan urussan tertentu dengan sebuah perusahan maka akan berhubunga dengan staff public relation.

2. Jurnalis

Seorang Jurnalis harus mempunyai skill komunikasi yang sangat baik untuk menyampaikan sebuah informasi, oleh karenanya seorang profesional jurnalis banyak yang banyak yang berasal dari lulusan Ilmu Komunikasi.

Lulusan Ilmu komunikasi bisa menjadi seorang jurnalis di berbagai media baik sebagai penulis, wartawan, ataupun reporter televisi. Sehingga peluang kamu sangat luas asalkan mempunyai kompetensi yang baik sesuai dengan bidang apa yang ingin kamu tekuni.

3. Broadcaster dan Announcer

Lulusan program studi Ilmu Komunikasi mempunyai peluang yang besar diterima menjadi seorang broadcaster atau seorang penyiar televisi ataupun radio. Lulusan Ilmu Komunikasi mempunyai kompetensi untuk mengisi pekerjaan ini karena semasa kuliah banyak sekali mata kuliah yang berhubungan dengan pekerjaan ini seperti public speaking dan ilmu-ilmu komunikasi lainnya.

Broadcaster adalah orang yang memberikan informasi kepada khalayak, baik melalui media televisi ataupun radio, dan tentu saja gaji-nya akan lumayan sesuai dengan pekerjaan-nya yang harus selalu siap on-time memberikan  informasi.

4. Manajemen Perusahan Media

Selain menjadi seorang broadcaster yang menyampaikan langsung, kamu juga akan mempunyai kompetensi untuk menjadi bagian dari majaemen sebuah perusahan media, baik itu televisi, radio ataupun media masa lainnya.

Sebagai bagian dari manajemen akan bertugas untuk mengatur segala seluk beluk pekerjaan perusahaan media tersebut agar mampu menjadi media yang mampu memberikan informasi yang baik kepada masyarakat.

5. Staff Pemasaran

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mempunyai skill komunikasi yang baik akan sangat berguna untuk unit pemasaran sebuah perusahaan yang harus menawarkan produk dan memberikan informasi yang dapat dicerna oleh setiap calon pembeli produk dari perusahaan tersebut.

Banyak juga lulusan Ilmu Komunikasi yang menjadi staff pemasaran dari sebuah perusahaan bisnis karena kompetensi-nya, dan menjadi pemasar yang berhasil menjual produk perusahan dengan baik. Ini karena semasa kuliah di program sutudi Ilmu Komunikasi pjuga mempelajari mengenai ilmu pemasaran, dan bagaimana cara memasarkan sesuatu.

6. Konsultan Periklanan

Dengan semaikn canggihnya teknonolgi cara periklanan sebuah produk atau perusahaan-pun terus berkembang, dan saat ini muncul sebuah perusahaan-perusahaan baru yang khusus menangani jasa periklanan.

Konsultan Periklanan ini akan bertugas memberikan saran dan membuat sebeuh projek iklan yang baik untuk mengiklankan sebuah produk yang ingin di iklankan oleh kliennya.

 

Yap, teman-teman itulah beberpa prospek kerja dari lulusan Ilmu Komunikasi, semoga membantu ya sobat kece 🙂

Dream big but start small – Anonymous

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Toko Buku Rahma | Flickr

loading...
Share this :
loading...