//Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional

Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional

Saat ini, dunia menjadi satu, sudah tidak ada lagi jarak antara negara satu dengan yang lainnya, begitu mudahnya kita berinteraksi dengan orang dari berbagai mcam negara di penjuru dunia ini. Begitupun sebuah negara, mempunyai kepentingan dan keterikatan saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lainnya.

Fenoma saat ini, membuka peluang semakin besar bagi lulusan Hubungan Internasional untuk mendapatkan pekerjaan dan prospek kerja yang bagus.

Program Studi Hubungan Internasional sendiri adalah program studi yang mempelajari tentang Hubungan Internasional, Politik Intenasional, Sosial Budaya Internasional, Hukum, Komunikasi dan lain sebagainya.

Berikut kami rangkum beberapa prospek kerja untuk lulusan Hubungan Internasional :

1. Diplomat

Pasti kamu sering atau pernah mendengar tentang Diplomat di Televisis, apalagi jika ada kejadian antara dua negara, seperti negara kita dengan negara lainnya. Ya, Diplomat ini adalah orang yang bekerja sebagai perwakilan suatu negara, di negara dimana ia di tempatkan. Lalu apa bedanya dengan Duta Besar ? Ya, sebenarnya Duta, Duta Besar, Konsul, dan lainya itulah bisa kita sebut para diplomat.

2. Jurnalis

Ya, selain menjadi para diplomat yang bekerja diluar negeri, lulusan dari Hubungan Internasional juga bisa menjadi seorang Jurnalis, baik itu Jurnalis dalam-maupun luar negeri. Pekerjaan ini cukup relevan bila melihat kompetensi yang dimiliki oleh lulusan dari Hubungan Internasional, seperti komunikasi, sosial dan politik.

3. Pengajar/dosen

Ya, setiap orang bisa menjadi pengajar, baik itu guru atau dosen. Tentunya jika ingin menjadi Dosen, tentu saja harus kuliah S2 terlebih dahulu.

4. Internasional Officer

Internasional Officer adalah orang-orang yang bertugas untuk mengani permasalahn-permasalahan yang terjadi di negara bersangkutan yang menyangkut warga negara kita contohnya.

Beberapa lembaga yang bisa dimasuki oleh lulusan Hubungan Luar negeri :

1. Departemen Luar Negeri

2. Kedutaan Besar

3. Konsulat

4. Atase

5. LSM

Itulah beberapa prospek kerja dari lulusan Hubungan Internasional, semoga bisa bermanfaat 🙂 Goodluck !

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : jakartacity | Flickr

loading...
Share this :
loading...