//Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembangunan

Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembangunan

Program Studi Ekonomi Pembangunan ini merupakan program studi yang mempelajari Ekonomi secara spesifik di negara yang masih berkembang. Sangat cocok sekali dengan keadaan Ekonomi di negara kita yang sedang tumbuh dan berkembang.

Selama masa perkuliahan, mahasiswa Ekonomi pembangunan akan mempelajari Ilmu-ilmu Ekonomi yang di padukan dengan isu-isu yang sedang berkembang di bidang perekonomian negara kita.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Ekonomi Pembangunan :

1. Analis Bisnis

Analis adalah orang-orang yang bertugas untuk menganalisis keadaan yang sedang dihadapi oleh perusahaan, menganalisis dan menyediakan data-data penting yang menjadi acuan sebuah perusahaan untuk mengambil keputusana bisnis.

2. Research and Development

Seorang lulusan dari Ekonomi Pembangunan juga bisa bekerja sebagai peneliti baik di perusahaan, yaitu di bagian Research dan Pengembangan, yang bertugas untuk melakukan penelitian-penelitian pasar, bisnis dan keuangan sesuai kebutuhan perusahaan. Selain di perusahaan juga banyak lembaga-lembaga peneliti keuangan dan pasar yang berdiri sendiri.

3. Pegawai Instansi Pemerintahan

Banyak sekali lembaga pemerintah yang menerima lulusan dari Ekonomi Pembangunan dikarenakan kemampuannya di bidang ekonomi dan keuangan. Beberapa lembaga pemerintahan yang relevan untuk lulusan ekonomi pembangunan diantaranya seperti Kementrian Keuangan, Bank Indonesia, BPK, Bappenas dan Bappeda.

4. Tenaga Pengajar

Lulusan dari Ekonomi Pembangunan ini bisa menjadi ahli ekonomi dan pengajar di berbagai Universitas, namun tentu saja dengan syarat meneruskan terlebih dahulu ke jenjang S2 atau S3. Saat ini dibutuhkan banyak dosen-dosen di bidang Ekonomi, seiring dengan tingkat pertumbuhan Perguruan Tinggi dan jumlah mahasiswa di bidang Ekonomi dan Bisnis.

5. Pengusaha

Tentu saja, setiap orang bisa menjadi seorang pengusaha, apalagi seorang lulusan Ekonomi Pembangunan yang memiliki kemampuan untuk menganalisis keadaan ekonomi dan kebutuhan pasar, menjadi penunjang lulusan Ekonomi Pembangunan untuk membuka sebuah bisnis sendiri dan menjadi seorang Entrepreneur.

Itulah beberapa prospek kerja dari lulusan ekonomi Pembangunan, sebenarnya masih banyak lagi pekerjaan yang relevan untuk lulusan Ekonomi Pembangunan. Semoga bermanfaat. Goodluck 🙂

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image source : didi sadili | Flickr

loading...
Share this :
loading...