//Prospek Kerja Lulusan Agribisnis

Prospek Kerja Lulusan Agribisnis

Dulu, bangsa kita sangat terkenal sebagai bangsa Agraris yang menghasilkan banyak produk di bidang pertanian. Dan sampai sekarang industri Pertanian dalam negeri menjadi salah satu penopang kebutuhan konsumsi dalam negeri yang semakin meningkat.

Jika kamu ingin berkecimpung dan tertarik dengan Industri Bisnnis Pertanian, sangat cocok bila kamu masuk ke Program Studi Agribisnis. Program Studi ini mempelajari 2 hal utama, yaitu pertanian dan bisnis, menggabungkan 2 hal tersebut menjadi suatu kesatuan untuk dipelajari.

Selain peran dari para petani, dan pakar-pakar pertanian, para pebisnis di bidang pertanian juga memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pertanian di dalam negeri. So, ingin masuk Agribisnis ?

Semasa perkuliahan, mahasiswa Agribisnis akan mempelajari berbagai mata kuliah inti seperti : Budidaya Pertanian, Ilmu Tanaman, Manajemen, Pemasaran, Komunikasi, Entrepreneurship, dan lain sebagainya.

Berikut kami rangkum beberapa prospek kerja dari Lulusan Agribisnis :

1. Pegawai Perusahaan di Bidang Pertanian (BUMN/Swasta)

Seorang lulusan Agribisnis tentunya akan bisa dan cocok untuk bekerja di Perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, di perusahaan ini lulusan Agribisnis bisa menempati berbagai posisi/jabatan, seperti : Operasional, Pemasaran, Manajemen, dan Finance.

Contoh beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pertanian : PT Agrifert, PT BUMN Hijau Lestari, PT Rajawali Nusantara Indonesia dan lain sebagainya.

2. Wirausaha

Selain bekerja pada perusahaan orang lain, lulusan Agribisnis tentu saja bisa memulai karirnya sendiri menjadi seorang pengusaha di bidang pertanian, selain menguntungkan untuk diri sendiri tentu saja akan membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Dengan ilmu yang dimiliki, diharapkan para lulusan Agribisnis bisa menjadi pengusaha yang mampu mengembangkan pertanian di dalam negeri. Indonesia negara yang subur, namun sangat banyak justru produk-produk hasil pertanian luar negeri yang lebih dipilih.

3. Pegawai Instansi Pemerintahan

Instansi seperti Dinas Pertanian Daerah atau bahkan Kementrian Pertanian juga bisa menjadi prospek kerja bagi para lulusan Agribisnis. Di Instansi-instansi tersebut, lulusan Agribisnis juga akan begitu diperlukan. Namun tentu saja, jika ingin menjadi Pegawai Negri Sipil maka kamu harus siap bersaingan dengan banyak orang lainnya.

4. Tenaga Pengajar

Tentu saja bagi lulusan Agribisnis juga mempunyai kesempatan untuk menjadi tenaga pengajar seperti Guru ataupun Dosen. Untuk menjadi guru, bisa menjadi guru di SMK Pertanian atau sekolah lain yang bersangkutan, dan apabila ingin menjai dosen harus minimal kuliah lagi s2 untuk bisa mnejadi Dosen.

5. LSM / Koperasi

Saat ini, semakin banyak LSM yang bergerak untuk memajukan pertanian masyarakat, dan tentu saja membutuhkan sumberdaya manusia yang mempunyai pengetahuan sesuai dengan bidangnya. Selain LSM, juga banyak Koperasi-koperasi tingat Desa, Kabupaten, ataupun Nasional yang bergerak untuk mendukung petani da memajukan pertanian dalam negri.

Itulah beberapa prospek kerja yang sesuai dengan keahlian dari lulusan Agribisnis, semoga bisa membantu dan bermanfaat 🙂 Goodluck !

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Firda PU | Flickr

loading...
Share this :
loading...