//Prospek Kerja Jurusan Teknik Tenaga Listrik

Prospek Kerja Jurusan Teknik Tenaga Listrik

Teknik Tenaga Listrik merupakan Program Studi yang mempelajari segala hal tentang kelistrikan dan pengoprasian kerja proses kelistrikan, baik software maupun hardware. Prospek kerja jurusan Teknik Tenaga Listrik ini bisa dibilang sangat cerah, baik dari segi gaji maupun prospek jangka panjang kedepannya. Mengingat listrik merupakan kebutuhan primer terbaru umat manusia. Ketika listrik padam hampir semua aktifitas juga tersendat dan tidak bisa berjalan semestinya.

Semasa perkuliahan, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti : Rangkaian Elektrik, Elektronika, Medan Elektromagnetik, Mesin-mesin Listrik, Pembangkit Tenaga Listrik, Teknik Tegangan Tinggi, Sistem Distribusi Tenaga Listrik, Sistem Kendali, Material Elektro Teknik dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja jurusan Teknik Tenaga Listrik sesuai dengan kompetensi yang di milikinya :

1. Perusahaan Pembangkit Tenaga Listrik

Setelah lulus kamu paling pas untuk bekerja di perusahaan-perusahaan pembangkit tenaga listrik, baik itu perusahaan BUMN maupun Swasta. Di Indonesia sendiri tentu saja yang paling besar adalah PT PLN (Perusahaan Listrik Negara), kemudian juga ada perusahaan-perusahaan lain yang tidak kalah menariknya seperti PT Indonesia Power, Chevron, PLT Jawa-Bali, dan lain sebagainya.

2. Perusahaan Peralatan Listrik

Ketika membuat sebuah peralatan, tentu saja kita harus tahu untuk apa fungsi dari alat tersebut. Nah, begitupun di industri manufacture alat-alat tenaga listrik membutuhkan orang mengerti tentang skelistrikan dengan baik. Sehingga, kamu bisa bekerja di perusahan manufacture ini di beberapa bidang seperti Quality Control, production ataupun operasional.

3. Perusahaan Umum dengan sistem kelistrikan tinggi

Yang ketiga ini maksudnya adalah sebuah perusahaan yang mempunyai sistem kelistrikan yang rumit dan kompleks untuk menjalankan operasional perusahaan tersebut, contohnya bisa seperti Mall besar, Pertamina, Pabrik Tekstil, dan perusahaan besar lainnya.

4. Tenaga Pengajar

Banyak sekali program studi yang mempelajari mata kuliah kelistrikan, terutama di bidang teknik. Oleh karenanya, peluang menjadi seorang akademisi kelistrikan juga bisa kamu capai.

5. Konsultan Kelistrikan

Sebuah perusahaan besar biasanya membutuhkan konsultan dalam memanage kelistrikannya, atau biasanya bekerja sama dengan perusahaan konstruksi dalam membangun gedung bersama dengan sistem kelistrikannya.

Image Source : Andrii Zymohliad | Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US