//Prospek Kerja Jurusan Teknik Perminyakan

Prospek Kerja Jurusan Teknik Perminyakan

Program studi Teknik Perminyakan merupakan program studi yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan proses pengelohan minyak bumi. Prospek kerja jurusan Teknik Perminyakan sendiri cukup menggiurkan, dimana banyak lulusan dari prodi ini masuk ke perusahan-perusahaan minyak besar, baik dalam maupun luat negeri.

Semasa perkuliahan sendiri, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Termodinamika, Geologi, Teknik Reservoir, Teknik Pemboran, Geologi Migas, Teknik Produksi dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Teknik Perminyakan :

1. Perusahaan bidang Perminyakan

Perusahaan perminyakan yang ada di Indonesia saja sudah banyak sekali, dari mulai perusahaan produksi minyak, maupun perusahaan penjualan minyak.

Sebenarnya, bisa dibilang Indonesia menghasilkan minyak yang tidak sedikit, hanya saja kebutuhan minyak di dalam negeri pun amat sangat banyak. Kebutuhan minyak dalam negeri dari tahun ke tahun semakin membengkak saja. Dan ini tentunya juga menjadi tantangan bagi perusahaan perminyakan untuk menemukan cadangan minyak terbaru.

Beberapa perusahaan minyak besar yang ada di Indonesia saat ini seperti : Pertamina, Total, Shell, Exxon, Chevron, dan Medco.

2. Tenaga Pengajar

Menjadi seorang tenaga pengajar seperti Dosen juga bisa kamu kerjakan, kamu bisa mengajar di intansi-instansi pendidikan yang berhubungan dengan perminyakan dan pertambangan.

3. Instansi Pemerintahan

Instansi pemerintahan yang paling pas dengan lulusan Teknik Perminyakan yakni di Kementrian Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM). Kamu bisa melamar kerja ke intansi pemerintahan dan menjadi seorang PNS.

4. Wirausaha

Bagi lulusan manapun, tidak ada yang tidak mungkin bisa menjadi seorang pengusaha besar. Bagi seorang lulusan Teknik Perminyakan juga bisa saja menjadi pengusaha sukses dari bidang usaha apa saja.

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Maxim  | Flickr

loading...
Share this :
loading...