//Prospek Kerja Jurusan Teknik Otomasi Industri

Prospek Kerja Jurusan Teknik Otomasi Industri

Program Studi Teknik Otomasi Industri merupakan program studi yang secara umum mempelajari tentang teknik-teknik untuk membuat sebuah mesin otomasi / automatis untuk mengerjakan atau memproduksi suatu hal dengan mudah dan efisien. Nantinya, lulusan dari program studi ini akan bekerja di berbagai bidang yang bersangkutan dengan industri mesin otomasi.

Semasa perkuliahan kamu akan mempelajari berbagai program mata kuliah seperti : Teknlogi mekanik, Mesin, Peralatan Industri, Teknologi Ielektronika, Teknologi Informatika dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan ini :

1. Perusahaan Manufaktur

Di perusahaan-perusahaan manufaktur yang notabene membutuhkan berbagai jenis mesin otomatis untuk mempermudah pembuatan produk yang mereka inginkan tentu akan membutuhkan pegawai yang bisa menggunakan, mengontrol dan melakukan pengecekan setiap saat agar mesin dapat bekerja dengan baik. Lulusan Otomasi Industri bisa menjadi tenaga kerja yang kompeten untuk melakukan hal tersebut.

Apalagi saat ini semakin banyak perusahaan manufaktur yang menggunakan mesin-mesin canggih dan bisa bekerja dengan otomatis. Kamu setelah lulus bisa bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur.

2. Perusahaan Pembangkit Listrik

Kamu setelah lulus juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan pembangkit listrik, seperti PLN contohnya yang mana terus mengembangkan sistem dan mesin-mesin yang baik dalam hal memproduksi listrik. Tentu saja mesin-mesin saat ini memerlukan otomasi agar bisa bekerja lebih baik dan effisien.

3. Perusahaan Minyak Gas dan Pertambangan

Lulusan-lulusan teknik memang mempunyai peluang bekerja di berbagai perusahaan pertambangan minyak dan gas yang membutuhkan mesin-mesin berteknologi tinggi. Kamu bisa bekerja sebagai engineer ataupun maintenance di perusahaan-perusahaan tersebut.

4. Akademik

Bagi kamu yang memiliki passion meneliti ataupun mengajar, kamu mungkin cocok untuk bergerak di bidang akademika dan bekerja sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi yang bersangkutan dengan melanjutkan studi ke jenjang s2 atau yang lebih tinggi lagi sebelumnya.

5. Pemerintahan

Kamu juga bisa bekerja di berbagai instansi pemerintahan yang sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki, salah satunya seperti di kementrian perindustrian, kementrian ESDM, Pekerjaan Umum dan lain sebagainya.

6. Wirausahawan

Kamu bisa saja jadi menjadi seorang pencipta alat atau mesin-mesin industri yang berkualitas, apalagi saat ini kita membutuhkan orang-orang dalam negeri yang bisa membuat terobosan untuk membuat produk mesin dalam negeri yang sampai saat ini kita belum bisa. Apalagi saat ini sedang gencar-gencarnya isu technopreneurship dan dukungan pemerintah terhadap produk lokal semakin baik, menjadi peluang bagi kamu yang ingin berkarya setelah lulus kuliah nanti.

Image Source : James McDowell

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US