//Prospek Kerja Jurusan Teknik Metalurgi

Prospek Kerja Jurusan Teknik Metalurgi

Program studi Teknik Metalurgi adalah program studi yang secara garis besar mempelajari tentang pemrosesan mineral-mineral dan logam-logam berharga. Prospek kerja jurusan Teknik Metalurgi yang sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya memang terfokus di bidang pertambangan, namun tentu saja lulusan dari Teknik Metalurgi ini bisa bekerja dibidang-bidang lain sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.

Semasa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Operasi Teknik Metalurgi, Teknik Tenaga Listrik, Termodinamika Metalurgi, Pengolahan Mineral, Kekuatan Material, Kinetika Metalurgi, Pemanfaatan Mineral Industri, dan mata kuliah – mata kuliah lainnya.

Berikut beberapa prospek kerja lulusan Teknik Metalurgi selengkapnya :

1. Perusahaan Pertambangan

Perusahaan-perusahaan besar di bidang pertambangan ini memang menjadi pilihan utama bagi banyak lulusan Teknik Metalurgi. Beberapa perusahaan besar di bidang pertambangan yang terkenal di Indonesia seperti : Aneka Tambang, PT Timah, Kaltim Prima Coal, dan lainnya.

2. Perusahaan Baja dan Logam

Selain di pertambangan, kamu juga bisa bekerja diperusahaan-perusahaan yang memproduksi baja ataupun logam lainnya. Beberapa perusahaan yang terkenal di bidang ini seperti : Krakatau Steel dan PT Alumindo.

3. Perusahaan Manufaktur

Banyak perusahaan manufaktur yang menggunakan bahan-bahan baja dan logam-logam lainnya. Di perusahaan manufaktur ini kamu bisa bekerja di bagian produksi maupun engineering. Beberapa perusahaan Manufaktur yang sesuai seperti : PT KHI, Pindad dan PT Dirgantara Indonesia.

4. Perusahaan Penjualan Bahan Logam

Jika tidak bekerja di perusahaan yang memproduksi, maka kamu juga bisa bekerja diperusahaan yang menjual dan menyalurkan barang-barang logam. Kamu bisa bekerja sebagai tenaga pemasaran, ataupun operasional.

5. Tenaga Pengajar

Jika kamu ingin menjadi seorang tenaga pengajar, maka kamu juga tidak perlu khawatir karena kamu mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi soerang dosen di Universitas-universitas dengan program studi Teknik Metalurgi.

6. Instansi Pemerintahan

Menjadi seorang PNS merupakan hak dan kesempatan bagi semua orang yang mempunyai kompetensi yang sesuai dengan bidangnya. Untuk lulusan dari Teknik Metalurgi bisa bekerja di Instansi-instansi seperti Kementrian ESDM dan Kementrian Perindustrian.

Image Source : el-toro | Flickr

loading...
Share this :
loading...