//Prospek Kerja Jurusan Teknik Material

Prospek Kerja Jurusan Teknik Material

Program studi Teknik Material merupakan program studi yang mempelajari bagaimana merekayasa bahan-bahan yang bisa menciptakan sebuah material berkualitas yang mempunyai nilai dan fungsi yang baik. Prospek kerja jurusan Teknik Material ini sangat luas tentunya, karena kita sehari-hari membutuhkan berbagai material dalam menopang kehidupan kita. Karena setiap material merupakan bahan dasar dari sebuah teknologi ataupun alat dan barang apapun.

Selama masa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Analisis Teknik Dasar, Sifat Mekanik Material, Mekanika Material, Karakterisasi Material, Kimia Fisik, Kimia Polumer, Material Logam, Material Polimer, Pemrosesan Material, dan mata kuliah lainnya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Teknik Material :

1. Perusahaan Manufaktur

Jika berbicara mengenai perusahaan dan industri manufaktur, maka cakupannya sangat luas sekali. Perusahaan manufaktur sangat banyak dan beragam sesuai dengan barang apa yang di produksinya. Beberapa perusahaan Manufaktur terkenal di Indonesia di bidang industri manufaktur semen : Holcim Semen, Indocement, Keramika Indonesia, dan Mulia Industrindo. Perusahaan manufaktur di bidang logam dan sejenisnya : Alaska Industrindo, Alumindo Light, dan Citra Turbindo.

Selain itu bisan perusahaan manufaktur lainnya seperti perusahaan manufaktur kimia, plastik kemasan, kayu, kertas juga bisa menjadi pilihan lainnya yang tidak kalah menariknya. Di perusahaan-perusahaan ini kamu bisa menduduki beberapa posisi seperti divisi produksi, Quality Control ataupun di manajerial dan operasional.

2. Staff Perawatan Alat-alat Produksi

Yang selanjutnya, kamu bisa juga bekerja di berbagai perusahaan pruduksi. Terutama perusahaan energi dan mineral, yang biasanya membutuhkan banyak perwatan untuk alat-alat produksinya.

3. Instansi Pemerintahan

Kamu juga bisa bekerja menjadi seorang pegawai di Instansi Pemerintahan yang berhubungan dengan kompetensi yang kamu miliki, seperti Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral dan Kementrian Perindustrian.

4. Tenaga Pengajar

Bahkan jika kamu ingin menjadi seorang dosen pun, kamu bisa melanjutkan S2 dan menjadi dosen di Universitas. Menjadi dosen bisa menjadi pilihan bagi kamu yang senang terus belajar dan mempunyai passion mengajar.

Image Source : TheLeadSA | Flickr

loading...
Share this :
loading...