//Prospek Kerja Jurusan Teknik Konversi Energi

Prospek Kerja Jurusan Teknik Konversi Energi

Secara garis besar Program Studi Teknik Konversi Energi merupakan prodi yang mempelajari tentang teknik-teknik dalam merancang sebuah mesin atau sistem yang bisa merubah / mengkonversi sebuah energi kepada jenis energi lainnya. Prospek kerja dari program studi ini cukup luas dan cerah, mengingat energi saat ini menjadi kebutuhan pokok bagi umat manusia.

Semasa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Matematika Terapan, Kimia Terapan, Fisika Terapan, Rangkaian Listrik, Sumber-sumber Energi, Teknik Bahan, Gambar Teknik Mesin, Gambar Teknik Listrik, Instrumentasi, Elektronika, dan mata kuliah lainnya.

Berikut langsung saja beberapa prospek kerja bagi lulusan program studi Teknik Konversi Energi :

1. Perusahaan Pembangkit Listrik

Prospek kerja pertama bagi seorang fresh graduate dari lulusan Teknik Konversi Energi adalah di perusahaan pembangkit listrik, terutama pembangkit listrik dari sumber energi terbarukan. Kamu bisa bekerja di berbagai bagian terutama engineering.

Di Indonesia sendiri semakin banyak Pembangkit listrik dan sumbernya semakin ragam pula, baik itu Pembangkit listrik tenaga air, tenaga uap, tenaga panas bumi, mikrohidro, angin, sinar matahari dan lain sebagainya.

2. Perusahaan Manufaktur

Perusahaan-perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang banyak sekali membutuhkan energi untuk menggerakan mesin-mesin produksi. Kamu bisa bekerja di bagian kelistrikan dan energi di berbagai perusahaan manufaktur.

3. Perusahaan Pertambangan

Sama dengan perusahaan manufaktur, energi yang di butuhkan di perusahaan pertambangan juga sangat besar.

4. Utilitas Energi/Kelistrikan

Perusahaan dengan bangunan dan kantor-kantor di gedung besar akan membutuhkan staf yang bekerja di bidang utilitas, contohnya perusahaan Persewaan Gedung Konvensi Event, Perhotelan, Rumah Sakit, Perusahaan Konstruksi, Kereta Api dan lain sebagainya.

5. Akademisi

Kamu juga bisa melanjutkan studi kamu di bidang teknik dan selanjutnya bisa berkarir menjadi akademisi sebagai dosen untuk mata kuliah energi di berbagai program studi teknik yang relevan.

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US