//Prospek Kerja Jurusan Teknik Konstruksi Gedung

Prospek Kerja Jurusan Teknik Konstruksi Gedung

Secara umum, program studi Teknik Konstruksi Gedung mempelajari bagaimana mernecanakan, mengerjakan serta mengawasi sebuah pekerjaan konstruksi gedung. Prospek kerja dari lulusan Teknik Konstruksi Gedung ini cukup baik mengingat pembangunan terus berjalan di negara kita dan sektor pembangunan dan konstruksi terus mengalami peningkatan yang positif.

Semasa perkuliahan kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Matematika Terapan, Bahan Bangunan, Gambar Teknik, Mekanika Tanah, Mekanika Rekayasa, Bengkel Konstruksi, Konstruksi Beton, Manajemen Konstruksi, KOnstruksi Baja, Konstruksi Bangunan Gedung dan mata kuliah-mata kuliah lainnya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Teknik Konstruksi Gedung :

1. Perusahaan Konstruksi

Yang pertama tentunya kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan konstruksi, baik itu konstruksi gedung, jembatan maupun jalan. Saat ini banyak perusahaan Konstruki baik yang dimiliki Pemerintah (BUMN) maupun perusahaan swasta yang semakin besar di bidang Konstruksi ini.

Contoh beberapa perusahaan konstruksi besar diantaranya seperti Adhi Karya, Wijaya Karya, Nusa Konstruksi, dan lain sebagainya.

2. Instansi Pemerintahan

Selain di sektor Industri swasta dan perusahaan, kamu juga mempunyai peluang yang besar untuk bisa bekerja di berbagai instansi pemerintahan yang sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki. Beberapa instansi pemerintahan seperti Kementrian Pekerjaan Umum, dan Dinas Pekerjaan Umum Daerah bisa menjadi persinggahan karir kamu di masa depan.

3. Perusahaan Real Estate

Kamu juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan yang mengembangkan pemukinan dan bangunan-bangunan yang tentunya untuk di jual kembali nantinya. Kemampuan kamu akan di butuhkan di perusahan ini, yang notabene tidak akan jauh dari urusan pengerjaan gedung dan bangunan.

4. Perusahaan Bahan Bangunan

Bahan bangunan yang dibuat tentu saja tidak asal dibuat, dan yang membuat juga harus mengetahui dengan pasti apa fungsi dan tujuan dari bahan tersebut, sehingga bermanfaat dalam proses pembangunan sebuah gedung ataupun proyek lainnya. Bahan bangunan yang dibutuhkan dan sangat erat kaitannya seperti Semen, Besi, Pasir, Kayu, Atap Genting, dan lain sebagainya.

 

Image Source : Quinn Dombrowski | Flickr

loading...
Share this :
loading...