//Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Program Studi Teknik Informatika mempelajari tentang bagaimana membuat dan menggunakan perangkat untuk menyampaikan informasi dengan baik sesuai dengan kebutuhan.

Lulusan dari program studi ini mempunyai prospek kerja yang sangat banyak, apalagi dengan semakin maju dan pesatnya teknologi yang digunakan saat ini.

Lalu apa saja yang dipelajari semasa perkuliahan ? Mata kuliah yang dipelajari semasa kuliah di Teknik Informatika adalah Matematika, Aljabar, Bahasa Pemrogramman, Sitem Informasi, Sistem Operasi, dan lain sebagainya.

Dan inilah beberapa prospek kerja dari lulusan Teknik Informatika :

1. Database Administrator

Dalam sebuah perusahaan banyak sekali data-data penting setiap harinya dari berbagai kegaitan atau aktivitas dari berbagai bidang juga tentunya. Data-data ini menjadi hal yang harus dirapikan dan diatur sehingga teratur dan mudah di informasikan kepada bagian yang membutuhkan data-data tersebut, inilah tugas dari seorang Database Administrator.

2. Programmer

Programmer ini adalah orang yang mempunyai ahli dalam bidang pemrogramman perngkat lunak. Seorang programmer akan mampu membuat sebuah software yang dibutuhkan baik itu untuk sistem informasi perusahaan maupun software-software lainnya.

3. Web Developer

Saat ini sebuah website merupakan hal yang wajib dimiliki dan dikelola oleh sebuah perusahaan, dan tentu saja dibutuhkan orang yang bisa membuat dan mengelola web tersebut. Lulusan Teknik Informatika tentunya mempunya kemampuan tersebut, sehingga tentu saja peluang kerja saat ini semakin terbuka lebar.

4.Staff Perusahaan Komunikasi

Banyak perusahaa yang bergerak dibidang teknologi informasi dan komunikasi, yang tentu saja membutuhkan pegawai-pegawai profesional dari lulusan Teknik Informatika. Karena, di perusahaan ini lulusan Teknik Informasi bisa bekerja diberbagi bidang seperti Computer Admin, Software Engineer, Web Engineer, dan lain sebagainya. Contoh perusahaannya : Telkom, PT Xl Axiata, Indosat, dan lain sebaginya.

5. Dosen / Pengajar

Tentu saja setiap orang yang berkompeten mempunyai kesempatan untuk menjadi seorang pengajar ahli, dan Ahli-ahli dari Teknik Informatika akan semakin dibutuhkan sesuai dengan tuntutan jaman yang semakin maju.

Namun untuk menjadi pengjar / dosen tetapp biasanya harus S2, sehingga harus kuliah lagi 1-2 tahun, namun bisa saja tanpa S2-pun menjadi dosen dengan status dosen luar biasa.

6. Pengusaha

Saat ini menjadi pengusaha di bidang teknologi terutama teknologi berbasis informasi sangat menjanjikan, terbukti dengan banyaknya perusahaan besar yang terbentuk dari ide kreatif mahasiswa yang mempunyai kemampuan pemrograman yang hebat. Bahkan orang terkaya dunia yaitu Bill Gates juga menjadi orang terkaya berkat perusahaan teknologi informasinya yaitu Microsoft.

Tidak hanya di luar negeri, saat ini di Indonesia juga mulai muncul beberapa pengusaha muda yang sukses di bidang ini, jadi kenapa tidak ?

Itulah beberpa prospek kerja dari jurusan teknik Informatika, semoga bisa bermanfaat untuk sobat kece sekalian. Good Luck 🙂

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Galeri Foto UII | Flickr

loading...
Share this :
loading...