//Prospek Kerja Jurusan Teknik Fisika

Prospek Kerja Jurusan Teknik Fisika

Program studi Teknik Fisika adalah program studi yang hanya ada di 5 perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya adalah ITB,ITS,UGM,UNAS, dan Telkom University.

Program studi Teknik Fisika ini mempunya beberapa konsentrasi, yaitu : Instrumentasi dan Kontrol, Rekayasa dan Management Energi, Fisika Bangunan dan Akustika, Fotonika, dan
Komputasi Material.

Program studi teknik fisika berperan menjadi jembatan bagi ilmu science (MIPA) dan ilmu Teknik. So, inilah beberapa prospek kerja jurusan Teknik Fisika :

1. Perusahan Tambang/Minyak dan Gas

Lulusan Teknik Fisika ini banyak yang bekerja di perusahaan tambang minyak dan gas, yang tentu saja dengan gaji yang lumayan. Biasanya mereka akan mengisi beberapa posisi seperti instrumentasi, wireline, drilling, mwd/lwd dan sebagainya.

Beberapa perusahaan minyak dan gas/tambang tersebut yang ada di Indonesia contohnya adalah Total EP Indonesia, Pt Freeport Indonesia, Kaltim Prima Coal, Chevron Pacific Indonesia, serta perusahaan BUMN seperti PT Pertamina, PT. Perusahaan Gas Negara PT. Aneka Tambang  dan lain sebagainya. Bahkan jika anda bisa masuk ke perusahaan Internasional yang beroperasi di negara luar maka gaji -nya akan lebih berkali-kali lipat jika dibandingkan di dalam negeri.

2. Perusahan Energi Terbarukan

Bagi mahasiwa teknik fisika yang memilih konsentrasi rekaya dan manajemen energi akan sangat cocok menjadi pekerja di perusahan energi terbarukan karena kompetensinya memang di bidang tersebut.

Banyak perusahan besar yang berada di bisnis energi terbarukan contohnya seperti PLN,  Chevron Geothermal,Pertamina Geothermal, Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro dan lain sebagainya.

3. Perusahaan Otomotif

Di perusahaan otomotif, lulusan teknik fisika biasanya menempati posisi sebagai teknisi dibidang control system, material ataupun mesin. Banyak sekali perusahaan Otomotif yang membutuhkan teknisi dari lulusan teknik Fisika, di Indonesia sendiri diantaranya adalah Astra Internasional, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Multistrada, Astra Honda Motor, Astra Daihatsu Motor dan lain sebagainya.

4. Perusahaan IT

Jangan salah nih lulusan Teknik Fisika ini juga mempunya prospek untuk bekerja di perusahaan IT  karena teknik fisika turut serta mengembangkan fiber optik di indonesia, mempelajari fotonika elektritonika pemrograman yang sangat dalam. Serta ilmu instrumentasi yang memang dibutuhkan dimana saja.

Beberapa contoh Perusahaan IT di Indonesia seperti  Telkom,IBM Huawei Tech Investment, Samsung Electronics Indonesia dan Formulatrix Indonesia dan lain sebagainya.

Nah itulah beberpa prospek kerja dari lulusan Teknik Fisika, semoga membantu ya sobat Kece 🙂 Good Luck !

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : PT Pupuk Kaltim| Flickr

loading...
Share this :
loading...