//Prospek Kerja Jurusan Teknik Biomedis

Prospek Kerja Jurusan Teknik Biomedis

Program studi Teknik Biomedis ini merupakan program studi yang menggabungkan antara teknik yang berhubungan dengan alat-alat dan medis yang berhubungan dengan kesehatan. Secara garis besar, Teknik Biomedis ini mempelajari sistem elektronika kedokteran dan teknologi kesehatan. Prospek kerja jurusan Teknik Biomedis ini semakin cerah melihat perkembangan teknologi kesehatan dari tahun ke tahun yang semakin meningkat.

Lulusan dari Teknik Biomedis ini diharapkan bisa menjadi pemecahan masalah teknologi di industri kesehatan, terutama industri kesehatan dalam negeri.

Berikut beberapa prospek kerja lulusan Teknik Biomedis sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya :

1. Rumah Sakit Pemerintah / Swasta

Rumah sakit sebagai pusat kesehatan masyarakat saat ini menjadi tempat utama dimana teknologi-teknologi kesehatan digunakan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang sakit. Di butuhkan seorang ahli teknologi alat-alat kesehatan tersebut yang betul-betul mengetahui seluk beluknya sehingga rumah sakit tidak asal membeli alat-alat kesehatan yang tidak memiliki manfaat dan kualitas yang baik.

2. Laboraturium Kesehatan

Laboraturium kesehatan juga merupakan tempat dimana teknologi-teknologi yang berhubungan dengan kesehatan digunakan untuk melakukan penelitian-penelitian yang berguna untuk pasien dan juga masyarakat luas.

3. Instansi Pemerintahan

Lulusan dari Teknik Biomedis juga bisa melamar kerja ke Instansi-instansi pemerintahan yang bersangkutan dengan kompetensi yang dimilikinya seperti Kementrian kesehatan, Dinas Kesehatan dan juga Kementrian Perindustrian.

4. Perusahaan Obat / Farmasi

Lulusan Teknik Biomedis juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan farmasi yang membuat dan mensuplai obat-obatan untuk digunakan oleh rumah sakit dan masyarakat pada umumnya. Di perusahaan farmasi ini, lulusan Teknik Biomedis bisa bekerja sebagai Maintenance, Operasional ataupun Quality Control.

5. Lembaga Penelitian

Lembaga penelitian juga bisa menjadi salah satu pilihan berlabuh setelah lulus kuliah. Beberapa lembaga penelitian kesehatan seperti Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Lembaga penelitian ini mempunyai tugas untuk melakukan penelitian-penelitian yang nantinya akan berguna untuk ilmu pengetahuan kesehatan dalam negeri.

6. Tenaga Pengajar

Jika kamu ingin menjadi seorang Tenaga Pengajar seperti Dosen, kamu juga bisa. Setelah lulus kamu bisa kuliah s2 dulu dan melamar menjadi di beberapa Universitas di program-program studi kesehatan.

 

Image Source : NWABR | Flickr

loading...
Share this :
loading...