//Prospek Kerja Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi

Prospek Kerja Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi

Teknik Bioenergi dan Kemurgi merupakan sub-keilmuan yang mempelajari proses pengolahan sumber daya nabati menjadi sebuah produk non-pangan, yakni energi terbarukan. Program studi ini berada di bawah Fakultas Teknologi Industri. Prospek kerja jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi ini mempunyai prospek kerja masa depan yang cukup bagus, mengingat di masa yang akan datang kebutuhan akan energi terbarukan akan sangat dibutuhkan.

Selama masa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Teknologi Bioeneregi, Teknik Pemisahan, Teknologi proses bahan nabati, Kimia Organik, Mikrobiologi Industri, Pengendalian Proses, Sistem Utilitas, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi :

1. Perusahaan Bioenergi

Yap, yang pertama tentunya adalah perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pemrosesan energi terbarukan dari bahan-bahan bio nabati. Memang belum banyak dan sebesar perusahaan energi dari sumber daya lain, namun perusahaan Bioenergi ini menawarkan masa depan yang lumayan. Yang paling populer sekarang adalah perusahan Biodesel, yakni penghasil BBM dari bahan-bahan nabati seperti sawit.

2. Lembaga Penelitian

Dalam proses pencarian energi baru, biasanya di lakukan penelitian untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Kmau bisa bekerja di lembaga penelitian Bioenergi untuk menenliti dan mencari sumber energi baru.

3. Perusahaan Pengolahan Pertanian

Jika kamu ingin bekerja di perusahaan yang mengolah hasil pertanian menjadi bahan non-energi pun kmau bisa, karena proses pengolahan pada dasarnya hampir sama. Banyak juga perusahan-perusahaan besar yang mengolah hasil pertanian menjadi produk baru.

4. Tenaga Pengajar

Kamu juga bisa menjadi seorang pengajar di lembaga pendidikan yang menyekenggarakan program Bioenergi. Kamu yang mempunyai passion belajar dan mengajar, kamu bisa menjadi dosen di beberapa Universitas.

5. Wirausahawan

Menjadi wirausahawan pun bisa menjaid pilihan jika kamu memang mempunyai modal dan otak bisnis yang jalan. Tentu saja kamu bisa berbisnis di bidang apapun, namun yang paling cocok tentu saja di bidang pengolahan Nabati contohnya, karena kamu sedikit banyak telah menguasai.

 

Image Source : News Oresund | Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US