//Prospek Kerja Jurusan Teknik Aeronotika

Prospek Kerja Jurusan Teknik Aeronotika

Program studi Teknik Aeronotika merupakan program studi yang mempelajari perancangan, pembuatan dan pengoperasian pesawat terbang dan alat antariksa lainnya di bidang kedirgantaraan. Prospek kerja jurusan Teknik Aeronotika ini cukup baik dan terfokus di bidang kedirgantaraan, namun selain itu lulusan dari jurusan ini bisa bekerja di beberapa bidang terkait.

Selama masa perkuliahan, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti : Teknik dirgantara, Rekayasa Termal, Kinematika dan Dinamika, Mekanika kekuatan Material, Mekanika Fluida, Aerodinamika, Teknik Kendli, DesainPesawat Udara dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja dari jurusan Aeronotika :

1. Perusahaan Manufaktur Pesawat Terbang

Prospek kerja yang paling sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan Teknik Aeronotika adalah di perusahaan manufaktur yang memproduksi pesawat-pesawat terbang. Industri pesawat terbang dari tahun ke tahun terus menunjukan peningkatan. Semakin banyak orang yang menggunakan pesawat terbang sebagai alat transportasi utama untuk melakukan perjalanan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Di Indonesia sendiri perusahaan yang memproduksi pesawat terbang adalah PT Dirgantara Indonesia. Saat ini Industri manufaktur pesawat terbang dalam negeri memang masih biasa saja, namun bisa jadi kedepannya industri ini bangkit dan memberikan efek positif untuk produksi pesawat terbang dalam negeri.

2. Maintenance Pesawat

Selain membuat pesawat, lulusan dari jurusan Aeronotika juga bisa bekerja di sektor pesawat terbang itu sendiri. Bisa bekerja di Airlines, ataupun di perusahaan Ground Handling bandara. Pesawat terrbang yang digunakan oleh airlines harus senantiasa di cek dan dilakukan perawatan sebelum melakukan perjalanan.

3. Lembaga Penelitian

Selain bekerja di perusahaan, lulusan dari Aeronotika juga bisa bekerja di lembaga-lembaga penelitian yang bersangkutan dengan bidang kedirgantaraan. Lembaga penelitian yang paling cocok contohnya seperti LAPAN (Lembaga Penelitian Antariksa Nasional).

4. Instansi Pemerintahan

Bahkan jika kamu ingin menjadi seorang pegawai negeripun, kamu mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi seorang PNS. Kamu bisa bekerja di Instansi-instansi pemerintahan yang sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki. Contoh instansi pemerintahan yang sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki  ialah Kementrian Perhubungan.

5. Tenaga Pengajar

Ilmu yang kamu miliki juga bisa kamu bagikan lagi kepada orang lain. Jika kamu mempunyai passion di bidang pengajaran, maka kamu sangat cocok bekerja menjadi seorang pengajar, baik itu di Universitas maupun di lembaga-lembaga yang sesuai seperti Akademi Angkatan Udara.

 

Image Source : shrinkin’violet | Flickr

loading...
Share this :
loading...