//Prospek Kerja Jurusan Statistika

Prospek Kerja Jurusan Statistika

Lulusan Statistika mempunyai peluang kerja yang sangat luas, karena ilmu yang mereka punya sangat di perlukan di berbagai bidang, terutama bisnis dan manajemen.

Lalu apakah itu statistika ? Statistika merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data yang baik dan benar.

Program studi Statistika ini ada di banyak Universitas, baik negeri ataupun swasta. Selama masa perkuliahan, mahasiswa akan mendapatkan berbagai mata kuliah seperti : Metoda Statistika, Kalkulus, Logika Matematika, Aljabar, Teknologi Informasi dan lain sebagai-nya.

Berikut ini beberapa prospek kerja dari jurusan Statistika :

1. Research and Development Staff di Perusahaan

Memang ahlinya lulusan Statistika untuk melakukan sebuah riset atau penelitian bagi berbagai perusahaan untuk berbagai kebutuhan tentu-nya. Nanti-nya tugas periset ini adalah mengumpulkan data-data dan menyimpulkannya untuk menjadi acuan bagi perusahaan menentukan kebijakan kedepannya.

Setiap perusahaan besar pasti mempunyai bidang Reseach, baik itu swasta maupun BUMN, jadi lapangan kerja kamu akan cukuo luas, namun persaingan untuk mendapatkan posisi tersebut juga cukup ketat tentunya. Karena orang-orang yang berada di bagian ini harus mempunyai kompetensi yang baik.

2. Quality Control Staff

Quality Control adalah bagian dalam sebuah perusahaan yang mempunyai tugas untuk megawasi hasil kerja dari karyawan perusahaan tersebut mempunyai kualitas yang sesuai dengan standar yang di tetapkan oleh perusahaan.

3. System Analyst Staff

System Analyst adalah bagian dari perusahaan yang bertugas untuk menganalisa dan menentukan sistem yang cocok untuk digunakan oleh sebuah perusahaan, seperti sistem informasi contohnya, untuk mempermudah pekerjaan atau memecahkan masalah yang dihadapi oleh perusahaan.

4. Electonic Data Processing Staff

Inilah bidang baru dalam perusahaan yang baru muncul beberapa dekade-an di Indonesia setelah elektronik menjadi bagian penting dalam proses pendataan sebuah perusahaan. Sekarang setiap data yang dimiliki oleh Perusahaan berbasis Elektronik, dan Lulusan statistika bisa bekerja untuk memproses data-data tersebut dan menyalurkan kepada bagian yang membutuhkan.

5. Lembaga Sensus/Riset

Selain di Perusahaan biasa, seorang lulusan Statistika ini bisa bekerja di sebuah lembaga atau perusahaan yang khusus bekerja di bidang Riset dan pendataan. Banyak sekali perusahaan atau yang bergerak di bidang riset saat ini, seiring dengan kebutuhan data-data yang cepat dan akurat seperti untuk Pemilihan Umum yang dilakukan quick count oleh Lembaga Survey.

6. Pegawai Negeri Sipil

Setiap orang mempunyai kesempatan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil, dan untuk seorang lulusan dari Statistik akan banyak di butuhkan oleh Instansi-instansi Pemerintahan seperti Depdagri, Diknas, Depkeu, Dephan dll. Jika melihat dari kompetensi-nya lulusan statistika ini bisa bekerja di semua Instansi Pemerintahan.

7. Pengusaha

Lulusan dari Statistika juga mempunyai kesempatan untuk menjadi pengusaha dibidang apapun, namun yang paling sesuai adalah pengusaha di bidang riset itu sendiri dengan mendirikan perusahaan Riset sendiri.

Itulah beberapa bidang kerja yang bisa di tempati oleh lulusan Statistika, semoga bermanfaat. Good Luck 🙂

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Jaffa Magazine | Flickr

loading...
Share this :
loading...