//Prospek Kerja Jurusan Spesialisasi Akuntansi

Prospek Kerja Jurusan Spesialisasi Akuntansi

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau STAN, yang kemudian sekarang telah berubah nama menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN (PKNSTAN) salah satu spesialisasinya adalah Program Spesialisasi Akuntansi. Prospek kerja Jurusan Spesialisasi Akuntansi ini bisa di bilang yang paling banyak, bukan berarti yang paling baik juga, namun memang jurusan ini yang lapangan kerja nya paling banyak karena bisa bekerja di berbagai Instansi Pemerintahan.

Semasa perkuliahan sendiri, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Akuntansi Pemerintahan, Hukum Keuangan Negara, Administrasi Keuangan Negara, Perbendaharaan Negara, Administrasi Perpajakan, Audit Keuangan, Kelembagaan Negara, dan lain sebagainya.

Spesialisasi Akuntansi merupakan program yang mahasiswanya paling banyak juga, tentu saja ini karena nantinya para lulusan akan disebar ke berbagai Instansi. Lalu, Instansi apa sajakah yang akan menjadi tujuan karir lulusan Spesialisasi akuntansi ini ? Berikut jawabannya :

1. Inspektorat Kementrian Keuangan

Inspektorat ini bertugas sebagai penyidiki dan peneliti tentang anggaran dan laju keuangan yang di gunakan oleh setiap bagian yang ada di Kementrian Keuangan. Intinya bertugas mengawasi Kementrian Keuangan itu sendiri. Inspektorat ini dibagi ke beberapa bagian Kemenkeu seperti Inspektorat Pajak, Bea Cukai, Pembendaharaan dan lain sebagainya.

2. Sekretariat Jendral Kementrian Keuangan

Tugas dan fungsi dari bagian Sekjen Kemenkeu adalah sebagai pengkordinasi kegiatan, penyusunan rencana dan anggaran, peraturan dan lain sebagainya.

3. Badan Pemerikasaan Keuangan

Badan pemeriksaan keuangan (BPK) adalah badan yang bertugas untuk memeriksa aliran keuangan setiap badan-badan dan Instansi Pemerintahan.

4. Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan

Hampir sama dengan BPK, hanya saja Badan ini hanya bertugas sebagai pengawas Keuangan dan Pembangunan yang di jalankan.

 

5. Badan Kebijakan Fiskal

Setiap kebijakan Fiskal Negara harus di perhitungkan segala keuntungan dan kerugiannya, dan Badan Kebijakan Fiskal lah yang harus merencanakan dan mengambil keputusan di setiap situsai yang di hadapi.

7. Badan Kemenkeu Lainnya

Lembaga-lembaga lain di Kemenkeu seperti Pajak, Bea Cukai, Perbendaharaan Negara, Dirjen Anggaran Negara. Karena di berbagai lembaga tersebut juga dibutuhkan lulusan yang berkompetensi di bagian Akuntansi.

Image Source : Sykez Tom | Flickr

 

 

loading...
Share this :
loading...