//Prospek Kerja Jurusan Sastra Belanda

Prospek Kerja Jurusan Sastra Belanda

Sastra Belanda merupakan program studi di bawah Fakultas Ilmu Budaya yang secara garis besar mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan Belanda, seperti sejarah, bahasa, budaya, seni dan lain sebagainya. Prospek kerja sastra Belanda ini bisa bekerja di perusahaan swasta maupun di sektor pemerintahan.

Semasa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Bahasa Belanda, Linguistik Belanda, Kesustraan Belanda, Sejarah Sosial Budaya Belanda, Hubungan Indonesia Belanda, Filsafat, Agama, Sastra Hindia Belanda, dan lain sebagainya.

Berikut langsung saja beberapa prospek kerja untuk lulusan Sastra Belanda :

1. Kementrian Luar Negeri

Setelah lulus, kamu bisa melamar bekerja di instansi pemerintahan seperti Kementrian Luar Negeri. Lulusan Sastra Belanda tentu saja akan di butuhkan di instansi ini contohnya seperti menjadi staf dubes atau bahakan Diplomat di negara Belanda.

2. Penerjemaah

Menjadi seorang penerjemaah juga bisa menjadi pilihan kamu, baik penerjemaah lisan maupun tulisan. Penerjemaah lisan bisa juga di sebut Interpreter. Menjadi penerjemaah buku-buku karya sastra Belanda juga bisa kamu kerjakan.

3. Jurnalistik

Bidang jurnalistik yakni menjadi Jurnalis, Editor, Penulis, reporter dan lain sebagainya di berbagai media, baik media lokal maupun media Belanda.

4. Akademisi

Melanjutkan kuliah ke jenjang berikutnya bisa menunjang pekerjaan kamu sebagai akademisi baik Dosen maupun peneliti mengenai kesustraan Belanda.

5. Entrrepreneur

Lulusan Sastra juga tidak berarti tidak bisa berwirausaha mandiri, kamu bisa saja berwirausaha dan bekerja sama baik Export-Import dengan pengusaha belanda, dan ilmu sastra kamu bisa dipergunakan.

6. Tour Guide

Dengan semakin meningkatnya tren Pariwisata, maka semakin banyak pula turis asing yang datang ke negara kita. Tidak terkecuali turis Belanda yang penasaran dan ingin mengenal sejarah tentang nenek moyang mereka yang menjajah negara kita di masa lampau menjadi daya tarik tersendiri untuk mereka.

Image Source : Moyan Brenn | Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US