//Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab

Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab

Program studi Sastra Arab merupakan program studi yang biasanya berada di bawah fakultas Ilmu Budaya. Bahasa dan budaya bangsa arab merupakan salah satu yang paling banyak di gunakan di dunia selain bahasa Inggris, Perancis dan Mandarin. Prospek kerja jurusan Sastra arab sendiri kedepannya akan semakin baik lagi dengan semakin baiknya hubungan Indonesia dengan bangsa-bangsa arab, dan apalagi saat ini negara-negara Arab cukup mempunyai andil yang besar di kancah dunia terutama dari segi ekonomi.

Selama masa perkuliahan, secara garis besar kamu akan di tekankan mempelajari bahasa serta budaya orang arab. Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari diantaranya seperti : Bahasa arab, Sejarah dan Kebudayaan Arab, Sastra arab, Korespondensi Arab, Linguistik Arab dan mata kuliah – mata kuliah lainnya.

Berikut beberapa prospek kerja jurusan Sastra Arab :

1. Instansi Pemerintahan

Belajar bahasa arab tapi jatuhnya jadi PNS ? ya bisa. Kamu bisa melamar kerja di beberapa instansi pemerintahan yang sesuai dengan kompetensi yang kamu punyai. Salah satu nya seperti di Kementrian dan Departemen Luar Negeri. Kamu bisa bekerja di kedubes-kedubes di negara arab, baik sebagai staf atau bahkan diplomat. Selain itu Kementrian Agama, Dinas Agama dan Dinas Pendidikan juga bisa jadi pilihan jika kamu tidak masuk ke Deplu.

2. Media / Jurnalis

Kamu juga bisa bekerja di berbagai bidang media, baik itu media cetak ataupun media masa televisi dan media digital lainnya. kmau bisa bekerja di perusahaan media dalam maupun luar negeri. Contohnya bekerja untuk statiun tv luar negeri yang membahas Indonesia, ataupun sebaliknya kamu bekerja sebagai jurnalis, reporter, di negara arab untuk memberikan informasi kepada media kita.

3. Penerjemaah / Interpreter

Penerjemaah ini adalah orang yang menerjemaahkan bahasa yang bersifat tulisan, sedangkan Intrepreter ini lebih ke menjelaskan kembali apa yang di ucapakan seseorang secara lisan.

4. Tour Guide

Saat ini semakin banyak saja orang-orang arab yang melakukan kunjungan wisata ke Indonesia terutama daerah-daerah dingin. Banyaknya wisatawan asal Arab ini juga akan membuat lapangan kerja bagi yang mempunyai kompetensi berbahasa arab seperti kamu untuk menjadi serang tur guide yang melayani orang-orang arab berlibur di kita.

5. Wirausaha

Kamu yang berstatus lulusan sastra juga bukan berarti kamu dilarang berbisnis. Apalagi dengan semakin banyaknya kerjasama dengan orang arab. Kemampuan kamu berbicara bahasa arab yang baik juga bisa jadi faktor pendorong untuk kamu bisa berbisnis dengan orang-orang arab. Atau selain itu juga bisnis-bisnis lain yang sesuai dengan passion kamu juga bisa kamu kerjakan.

 

Image Source : 9kurt | Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US