//Prospek Kerja Jurusan Rekayasa Pertanian

Prospek Kerja Jurusan Rekayasa Pertanian

Bidang pertanian selalu menjadi salah satu bidang yang menarik bagi para peminat Universitas di Indonesia. Negara kita yang merupakan negara tropis sangat cocok untuk melakukan kegiatan pertanian. Program studi Rekayasa pertanian ini merupakan program studi gabungan antara bidang rekayasa dan ilmu pertanian. Prospek kerja jurusan Rekayasa Pertanian ini memiliki prospek kerja yang cukup baik mengingat ilmu pertanian membutuhkan terobosan-terobosan baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan populasi dan konsumsi yang tentunya semakin meningkat dari tahun ke tahun, sementara lahan pertanian yang ada ya itu-itu saja.

Semas perkuliahan sendiri, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Fisiologi dan perkembangan tumbuhan, Pengantar Rekayasa, Rekayasa Sumber daya air dan lahan,  Genetika Pertanian, Agroklimatologi, Agroekologi, Teknologi Benih, Mikrobiologi, Peraturan dan Kebijakan Pertanian, Wirausaha, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja dari jurusan Rekayasa Pertanian :

1. Perusahaan Pertanian dan Perkebunan

Perusahaan-perusahaan dari Industri Pertanian maupun perkebunan akan membutuhkan keahlian yang dimiliki lulusan-lulusan Rekayasa Pertanian untuk membuat usaha pertanian mereka semakin maju terutama dalam bidang perkembangan jenis dan kualitas dari tanaman. Banyak perusahaan pertanian tau perkebunan besar yang ada di Indonesia dan bisa menjadi lapangan kerja untuk prospek karir kamu kedepannya.

2. Wirausahawan

Tidak perlu bekerja pada perusahaan orang lain, kamu bisa mengembangkan bibit sendiri dan mendirikan perusahaan pertanian ataupun perkebunan kamu sendiri. Kamu juga akan berjasa untuk menyerap lapangan kerja bagi banyak orang yang membutuhkan.

3. Instansi Pemerintahan

Setelah lulus, jika kamu ingin menjadi seorang PNS pun kamu mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar kerja di berbagai Instansi Pemerintahan yang sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki. Beberapa instansi tersebut seperti Kementrian Pertanian dan Dinas Pertanian Daerah.

4. Akademisi

Jika kamu mempunyai passion untuk belajar dan mengajar, kamu juga bisa menjadi tenaga pengajar di berbagai Instansi Pendidikan Pertanian, termasuk menjadi Dosen di Universitas-universitas dengan program studi Pertanian.

5. Lembaga Penelitian

Kamu juga bisa bekerja di berbagai Lembaga Penelitian terutama lembaga penelitian yang meneliti tentang tumbuhan dan nan penelitian-penelitian yang dilakukan untuk menciptakan varian baru dari tumbuhan yang sudah ada agar bisa menjadi lebih produktif lagi.

loading...
Share this :
loading...